Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Deretan Mobil yang Unjuk Gigi di Pameran CES 2022

Anisa Kurniasih,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Deretan Mobil yang Unjuk Gigi di Pameran CES 2022
Image: Mercedes-Benz Vision EQXX (Mercedes Benz)

Jakarta - Berbagai jenis kendaraan mulai dari mobil listrik hingga mobil konsep diluncurkan dalam pameran Consumer Electronics Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Pameran teknologi yang berlangsung pada 5-7 Januari 2022  itu pun menjadi ajang bagi sejumlah perusahaan otomotif maupun perusahaan teknologi untuk mengenalkan produk kendaraan terbaru mereka seperti Mercedes-Benz, BMW, hingga pendatang baru seperti TOGG.

Nah, berikut rangkuman sederet mobil yang unjuk gigi pada pameran teknologi CES 2022:

1. Mercedes-Benz Vision EQXX

Mercedes-Benz Vision EQXX diperkenalkan secara virtual di CES 2022. Mobil konsep futuristik itu memiliki jarak tempuh hingga 620 mil dalam sekali pengisian daya. Mobil listrik tersebut juga dibuat dengan menggunakan bahan daur ulang dan berkelanjutan.

Baterai EQXX 30 persen lebih ringan dari sedan listrik EQS. Mercedes juga mengatakan bahwa EQXX menawarkan efisiensi energi yang lebih baik daripada Tesla Model S Long Range.

Perusahaan mengatakan EQXX adalah cetak biru teknologi untuk produksi seri, sebagai rencana untuk memasukkan banyak komponen premium EQXX ke dalam produksi model Mercedes listrik pada tahun 2024.

2. BMW iX M60

1641549313-BMW-iX-M60.jpegSumber: BMW iX M60 (BMW)

BMW meluncurkan varian tertinggi iX M60 di CES 2022. Mobil tersebut mengemas total 455 kW (610 hp/619 PS) dan torsi maksimum 1.015 Nm (748 lb-ft) dalam mode Sport atau 1.100 Nm (811 lb-ft) dengan Launch Control diaktifkan.

Mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam (62 mph) hanya dalam 3,8 detik dan terus menghasilkan tenaga hingga mencapai kecepatan tertinggi 250 km/jam (155 mph).

Performa mengesankan untuk SUV menengah ini dimungkinkan oleh powertrain AWD motor ganda yang menggunakan teknologi eDrive generasi kelima, termasuk baterai tegangan tinggi dengan kandungan energi bersih 105,2 kWh (111,5 kWh gross).

Motor yang dipasang di belakang menghasilkan 360 kW (482 hp/489 PS) dan memiliki kerapatan output yang sangat tinggi yaitu 2,59 kW/kg, sedangkan motor depan memiliki daya hingga 190 kW (255 hp/258 PS) dan memiliki output kepadatan 1,96 kW/kg.

Fitur unik untuk iX M60 termasuk suspensi gandar M yang disetel khusus dengan kontrol level otomatis, komponen plastik yang diperkuat serat karbon di bagian atap, samping, dan belakang, hingga sistem rem sport yang menampilkan kaliper rem dicat biru dengan logo M.

BMW akan memulai peluncuran pasar global iX M60 pada Juni 2022, termasuk di Amerika Serikat. Harga yang ditawarkan mulai dari 105.100 dollar AS (Rp 1,5 miliar).

3. SUV Concept Togg

Perusahaan rintisan mobilitas asal Turki, Togg, meluncurkan mobil konsep baru di CES 2022, yang diklaim akan menyatukan teknologi listrik, otonom, dan terhubung yang canggih dalam satu bidang desain.

Konsep SUV Togg telah dirancang dengan masukan dari perusahaan styling Italia Pininfarina, dan gambar awal menunjukkan apa yang tampak sebagai pendekatan bergaya namun agak konvensional baik untuk interior maupun eksterior.

4. LG Omnipod

Produsen teknologi Korea Selatan LG menghadirkan kendaraan masa depan mereka yang disebut sebagai Omnipod.

Mobil yang dianggap sebagai kendaraan otonom ini akan ‘mengaburkan perbedaan antara rumah dan mobil’. LG mengatakan bahwa Omnipod dapat difungsikan sebagai kantor, rumah, pusat hiburan bahkan menjadi sebuah lounge.

LG yang fokus pada peralatan rumah tangga digambarkan pada Omnipod ini dengan menampilkan banyak peralatan rumah tangga seperti adanya lemari es, rak pakaian, hingga pembuat kopi.

5. Indigo Flow dan Flow Plus

Indigo meluncurkan kendaraan listrik Flow dan Flow Plus di ajang CES 2022. Keduanya merupakan jenis kendaraan listrik yang luas dan terjangkau untuk pasar rideshare dan pengiriman.

Perusahaan tidak banyak bicara tentang modelnya. Tetapi, salah satunya adalah van pengiriman yang ramping sementara yang lain adalah transportasi penumpang.

keduanya memiliki desain yang serupa, tetapi model yang berfokus pada penumpang memiliki jendela belakang dan atap kaca panorama yang besar.

Model tersebut sudah dilengkapi dengan paket baterai 40 kWh yang akan memungkinkan jangkauan lebih dari 250 mil (402 km) dengan sekali pengisian daya.

6. Udelv Transporter

Udelv meluncurkan kendaraan komersial otonom Transporter, yang sanggup membawa 2.000 lbs barang sekali jalan.

Mobil ini telah dirancang untuk membawa hampir semua hal mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, paket e-commerce dan bahan makanan hingga suku cadang mobil, elektronik, dan persediaan medis.

Mobil pengangkut ini dibekali dengan paket baterai 90 dan 160 kWh, yang memungkinkan jangkauan 160-300 mil (257-483 km). Model ini juga mampu melaju dengan kecepatan hingga 70 mph (113 km/jam), yang menonjol karena memungkinkan kendaraan untuk melaju di jalan raya.

Di sisi otonom, Transporter dilengkapi dengan sistem Mobileye Drive yang menampilkan ‘perangkat kuat’ kamera, LiDAR, dan radar. Model ini juga menggunakan peta AV Mobileye dan memiliki sistem teleoperasi berbasis kamera untuk manuver dan bantuan jarak jauh.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait