Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Cara Membuat Pestisida Organik dengan Bawang Putih

Shelly Lisdya,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Membuat Pestisida Organik dengan Bawang Putih
Image: ilustrasi pestisida (Pinterest/Cindy Wert)

Jakarta - Bagi pecinta tanaman atau para petani pasti tidak mau kan tanamannya diserang hama? Untuk itu penggunaan pestisida akan sangat diperlukan.

Apabila harga di pasaran terlalu mahal, kamu bisa loh meracik pestisida organik dan insektisida nabati di rumah nih.

Mengutip dari berbagai sumber, Jumat (1/10/2021) pestisida organik dan insektisida nabati dapat dibuat menggunakan berbagai alternatif, yakni pestisida organik, semprotan serangga, semprotan daun pepaya, semprotan tomat, dan lain-lain. 

FYI nih guys, pestisida organik maupun insektisida nabati merupakan salah satu solusi untuk pembasmian hama pada tanaman hidroponik. Banyak petani hidroponik yang mengeluhkan tanamnnya diserang oleh hama atau serangga seperti semut, laba-laba, ulat, dan lain-lain. 

Pemakaian pestisida organik dan insektisida alami ini tidak bisa digunakan setiap saat, namun hanya bisa digunakan ketika diperlukan saja.

Urbanreaders, kali ini kamu bisa menggunakan bahan dasar bawang putih sebagai pestisida organik dan insektisida nabati loh.

Sifat fungisida pada bawang putih dikenal sangat efektif dalam mengendalikan dan membasmi hama tanaman berupa kutu daun, semut, rayap, lalat putih, penggerek, ulat bulu, siput, hingga ulat daun.

Pestisida organik dan insektisida nabati dapat diaplikasikan dengan menggunakan alat semprot (sprayer) gendong seperti pestisida kimia pada umumnya. Namun, apabila tidak dijumpai alat semprot, aplikasi pestisida organik dapat dilakukan dengan bantuan kuas penyapu (pengecat) dinding atau merang yang diikat. Caranya, alat tersebut dicelupkan kedalam ember yang berisi larutan pestisida nabati, kemudian dikibas-kibaskan pada tanaman.
 
Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:
 
Ekstrak bawang putih kemasan 950 ml
Bahan dan alat:
- 85 gram bawang putih
- 50 ml minyak sayur
- 10 ml deterjen/sabun
- 950 ml air
- Alat penyaring
- Botol
 
Cara Pembuatan:
Campurkan bawang putih dengan minyak sayur. Biarkan selama 24 jam. Tambahkan air dan sabun. Aduk hingga rata. Simpan dalam botol selama tiga hari.

Cara Penggunaan:
Campurkan larutan beserta air dengan perbandingan 1 : 19 atau 50 ml larutan dengan 950 ml air. Kocok sebelum digunakan. Semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang OPT pada pagi hari


Ekstrak bawang putih kemasan 1 liter
Bahan dan alat:
- 2 siung bawang putih
- Deterjen/sabun
- 4 cangkir air
- Alat penumbuk/blender
- Alat penyaring
- Botol
 
Cara Pembuatan:
Hancurkan bawang putih, rendam dalam air selama satu hari. Tambahkan air dan sabun kemudian saring dan masukkan dalam botol

Cara Penggunaan:
Tambahkan larutan dengan air dengan perbandingan 1 : 9 air. Kocok sebelum digunakan lalu semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang ada pagi hari.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait