Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Catat! Ini 8 Kampus Negeri yang Mulai Kuliah Tatap Muka

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Catat! Ini 8 Kampus Negeri yang Mulai Kuliah Tatap Muka
Image: Ilustrasi kuliah tatap muka. Sumber: Pixabay/nicolayhg

Jakarta - Sejumlah perguruan tinggi mulai menyiapkan rencana pelaksanaan kuliah tatap muka, mengingat positivity rate COVID-19 di beberapa daerah kian menurun.

Berikut daftar perguruan tinggi yang akan melaksanakan kuliah tatap muka yang dilansir Urbanasia dari berbagai sumber, Jumat (10/9/2021).

1. ITB

1620528745-ITB.jpegSumber: Kampus ITB. (itb.ac.id)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB), Jaka Sembiring mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan perkuliahan tatap muka atau hibrida di masa PPKM.

“Persiapan kampus dibuka itu sudah dilakukan sejak tahun lalu, mulai dari pembukaan kuliah hibrida di Jatinangor,” ujarnya, Kamis (2/9/2021) di Observatorium Bosscha. 

Rencananya, persiapan kuliah tatap muka akan dilaksanakan setelah UTS. Apabila situasi membaik akan dilakukan penyesuaian dengan melakukan PTM terbatas kapasitas tidak lebih dari 30 persen.

2. Unpad

1616662212-universitas-padjadjaran-(2).jpgSumber: Universitas Padjadjaran. (unpaders.id)

Universitas Padjadjaran (Unpad) akan memulai kegiatan pembelajaran tatap muka secara terbatas pada akhir Oktober 2021 mendatang. Rencana ini sejalan dengan instruksi Kemendikbudristek mengenai pembukaan kampus secara bertahap di wilayah yang masuk PPKM level 1-3.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arief S. Kartasasmita mengatakan, untuk sementara, pembukaan pembelajaran tatap muka didahulukan untuk kegiatan laboratorium atau praktikum yang membutuhkan perolehan keterampilan (skill acquisition) yang tidak dapat diselenggarakan secara daring.

“Untuk kegiatan tatap muka di kelas, perkuliahan akan tetap dilakukan secara daring,” kata Arief dikutip Urbanasia, Kamis (16/9/2021)

Untuk dapat mengikuti kegiatan laboratorium atau praktikum dalam kampus, mahasiswa dipersyaratkan mendapatkan izin penuh dari orang tua.

Bagi mahasiswa yang tidak mendapat izin orang tua atau kesulitan transportasi menuju kampus, Unpad tetap memberikan fasilitas praktikum secara daring atau memberikan keringanan untuk menunda kegiatan tersebut di tahun depan tanpa dikenai sanksi dari sisi kredit atau masa studi.

Syarat lain adalah mahasiswa harus sudah tuntas melakukan vaksinasi dan datanya tercatat pada aplikasi PeduliLindungi. Hal ini diperlukan karena ke depan untuk dapat masuk ke dalam kampus Unpad, mahasiswa wajib mengisi aplikasi AMARI dan melakukan check in melalui aplikasi PeduliLindungi.

3. UNJ

1631775320-UNJ.jpgSumber: Kampus UNJ. (Dok. unj.ac.id)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bakal menggelar kuliah tatap muka terbatas pada semester ini.

Tim Pengembang Wakil Rektor UNJ Meiliasari mengatakan kuliah tatap muka hanya akan dilaksanakan pada perkuliahan yang membutuhkan kegiatan praktikum. Sementara, perkuliahan yang hanya sebatas pemberian materi tetap dilaksanakan secara online.

Pelaksanaan kuliah tatap muka akan dilaksanakan pada semester ini, yakni Agustus-Desember. Namun, ia belum menjelaskan tanggal berapa PTM akan dilaksanakan.

4. IPB

1597734876-IPB.jpgSumber: Kampus IPB. (ipb.ac.id)

Wakil Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Martianto menyebut kampusnya berencana menggelar PTM terbatas pada Oktober mendatang. Saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan agar pelaksanaan PTM terbatas bisa segera dilakukan.

5. Unair

1630552465-Unair.jpegSumber: Universitas Airlangga Surabaya (Dok. Humas Unair)

Kuliah tatap muka di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya sudah digelar sejak Senin (6/9/2021). Namun tidak semua mahasiswa bisa kuliah offline. Pasalnya, perkuliahan dilakukan secara hybrid atau secara daring dan luring. 

6. ITS

1631775519-ITS.jpgSumber: Kampus ITS. (Dok. its.ac.id)

Sama halnya dengan perguruan tinggi lainnya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan melakukan perkuliahan tatap muka pada akhir September. Namun PTM dilakukan dengan hibrid atau kuliah luring dan daring.

7. UGM

1606477622-UGM.jpegSumber: Universitas Gadjah Mada. (Dok. Humas UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) telah melaksanakan kuliah tatap muka pada Agustus 2021.

Namun kuliah tatap muka dilakukan terbatas dengan mengutamakan mahasiswa dari sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pembelajaran tatap muka akan meminta restu atau izin dari orang tua masing-masing mahasiswa.

8. Universitas Indonesia

1587736148-UI-Kampus.jpgSumber: Lingkungan kampus Universitas Indonesia. (ui.ac.id)

Universitas Indonesia atau UI melakukan kuliah tatap muka pada Juli 2021. Namun survei pada 20.533 responden per 15 April 2021 menyatakan, warga kampus lebih memilih blended learning daripada tatap muka penuh.

Selain perlu menjaga kesehatan agar diizinkan mengikuti perkuliahan, ada pula persiapan penting lainnya, seperti membawa alat protokol kesehatan hingga memastikan tempat tinggal aman dan nyaman ya Urbabreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait