menu
user
URnews

Catat! 'Surabaya Fashion Craft and Culinary Expo 2021' Dibuka Besok

Nivita Saldyni,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Catat! 'Surabaya Fashion Craft and Culinary Expo 2021' Dibuka Besok
Image: Konferensi pers pameran ‘Surabaya Fashion Craft and Culinary Expo 2021’ di Balai Kota Surabaya, Rabu (7/4/2021)/Humas Pemkot Surabaya

Surabaya - Ratusan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Surabaya bakal menggelar pameran virtual loh. Pameran bertajuk ‘Surabaya Fashion Craft and Culinary Expo 2021’ ini bakal diikuti 154 UMKM dan digelar pada 9-11 April 2021. 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya, Rini Indriyani Eri Cahyadi mengatakan acara ini digelar untuk meningkatkan perekonomian Kota Surabaya melalui UMKM. Sehingga perekonomian warga bisa kembali bangkit di tengah pandemi ini.

Nah pameran yang berlangsung selama tiga hari ini digelar secara virtual. Alasannya bukan hanya karena pandemi COVID-19, namun juga lebih banyak UMKM yang bisa bergabung.

“Dengan pameran virtual ini, kita juga bisa mengangkat lebih banyak UMKM yang terlibat dalam pameran. Yang lebih penting, dengan pameran virtual ini kita bisa mengikutinya dimana saja, bisa dari rumah, di dalam mobil, kantor dan tempat lainnya. Itulah yang membuat kami berinisiatif membuat pameran secara virtual,” kata Rini dalam jumpa pers di Balai Kota Surabaya, Rabu (7/4/2021) lalu.

Ia pun menjelaskan bahwa 154 UMKM yang bergabung telah mewakili seluruh kelurahan di Kota Surabaya. Mereka menawarkan produk beragam, mulai dari fashion, craft, dan kuliner yang sebelumnya sudah melewati proses kurasi secara ketat.

“Bagi UMKM lainnya, kami akan bantu pada waktu dan tempat yang berbeda. Apalagi ini kan masih pameran virtual pertama, sehingga kalau ini sukses, maka kami akan mengupayakan menggelar pameran kembali,” jelasnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menambahkan, soal transaksi selama pameran, Pemkot Surabaya bakal mendampingi UMKM setiap transaksinya dari awal hingga akhir.

“Sebenarnya kami hanya memfasilitasi untuk promosi, sedangkan transaksinya bisa langsung antara pembeli dan penjual. Namun, kami akan dampingi pelaku UMKM supaya setiap transaksinya berjalan lancar dan pelanggan puas,” jelasnya.

Menariknya, kamu yang bukan warga Kota Surabaya juga bisa datang loh ke pameran ini. Sebab Pemkot pun mengundang berbagai daerah dan negara yang telah menjalin sister city dengan Kota Surabaya untuk ikut berpartisipasi.

“Menariknya lagi, kami juga menyediakan doorprize untuk para pengunjung yang aktif mengunjungi portal kami dan melakukan belanja yang banyak,” kata Wiwiek.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Antiek Sugiharti menjelaskan pameran semakin menarik dengan berbagai kegiatan. Urbanreaders yang hadir bisa menikmati penampilan seni budaya, workshop, hingga demo memasak. Menarik, kan?

“Jadi, dalam acara ini tidak hanya semata-mata memajang produk UMKM, tapi kami juga meriahkan dengan berbagai penampilan dan workshop serta demo memasak,” kata Antiek.

Wah siapa nih yang sudah nggak sabar? Jangan sampai kelewatan ya, acara pameran ini bakal dibuka pada Jumat (9/4/2021) pukul 09.00 - 16.00 WIB. Untuk informasi lengkap terkait jadwal acara, pameran, dan lainnya kamu bisa cek di sini (https://virtualexpoukm.surabaya.go.id) ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait