Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Coba 5 Cara Menanam Cabe di Pot, Yuk!

Elga Nurmutia,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Coba 5 Cara Menanam Cabe di Pot, Yuk!
Image: Tanaman cabe. (Pixabay/senjakelabu29)

Jakarta - Tanaman cabe rupanya dapat dibudidayakan di rumah loh. Cara menanam cabe bisa dilakukan dengan mudah dengan media pot. Apakah kamu tertarik?

Tanaman cabe ini bisa dibudidayakan meskipun memiliki lahan yang sempit. Hal itu dikarenakan cabe bisa ditanam melalui pot bahkan polybag. Sangat berguna bukan?

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir dengan harga cabe yang sedang melambung tinggi. Karena, kamu bisa menanamnya di rumah.

Kali ini, Urbanasia akan membagikan cara menanam cabe di pot dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021), sebagai berikut.

1. Menyiapkan Pot dan Media Tanam

Bagi kamu yang ingin menanam cabe, cukup memilih pot yang berlubang. Pot jenis tersebut ini biasanya memiliki sistem drainase yang baik agar air dapat keluar dari pot dan juga tidak membuat tanaman menjadi busuk. Sementara itu, adapun spesifikasi wadah yang dibutuhkan seperti:  memiliki diameter minimal 20 cm. 

Kemudian, pastikan lubang di dasar pot sekitar empat hingga delapan lubang. Kamu juga bisa membuat lubang dengan menggunakan paku ukuran diameter lubang sekitar 1 cm.  Apabila kamu memakai wadah bekas, usahakan wadahnya dibersihkan dahulu sampai bersih.

Sementara itu, kamu perlu menggunakan tanah dengan lapisan atas yang subur, gembur, serta banyak terkandung bahan organik.

2. Menyebarkan Bibit Cabe

Kamu bisa langsung menyebarkan bibit cabe yang telah dimiliki. Kemudian, tutuplah bibit tersebut dengan media tanam. Selain itu, kamu juga bisa membuat bibit cabe sendiri di rumah dengan menggunakan biji cabe. Kamu cukup mengambil biji cabe dari cabe yang telah matang serta berwarna merah.

Setelah itu, rendamlah cabe dengan campuran air hangat serta bawang merah yang telah dihaluskan. Kamu perlu mendiamkannya dalam semalam, baru esok harinya dikeringkan dan bisa menjadi bibit cabe.

3. Siram Menggunakan Air Bersih

Kamu perlu menyiram bibit cabe yang sudah kamu tanam menggunakan air bersih dengan bantuan semprotan untuk tanaman. Kamu hanya perlu melakukan penyiraman sebanyak dua kali dalam waktu satu hari ketika pagi dan juga sore hari agar bibit tersebut tetap lembab.

4. Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Tanaman membutuhkan matahari untuk berfotosintesis. Namun, bagi awal proses dari pertumbuhan dibutuhkan kelembaban. Maka, jauhkanlah dari paparan sinar matahari secara langsung. 

5. Pisahkanlah Bibit Tanaman

Kemudian, kamu perlu memindahkan cabe ke pot lain atau ke taman. Hal ini dilakukan beberapa hari kemudian, ketika daun akan mulai bertumbuh. 

Nah, itu dia cara menanam cabe di pot dengan mudah. Selamat mencoba di rumah, semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait