beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Daftar Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022 Versi Forbes

Fauzah Thabibah,
5 Maret 2022 18.57.22 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Daftar Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022 Versi Forbes
Image: R. Budi dan Michael Hartono masuk daftar orang Indonesia terkaya 2022 (Forbes)

Jakarta - Kemewahan dan kekayaan orang menjadi salah satu hal yang menarik untuk diulas. Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2022. 

Diketahui, indeks pasar saham acuan naik lebih dari 19% sejak terakhir kekayaan itu diukur. Forbes mencatat kekayaan bersih gabungan dari 50 orang terkaya di Indonesia menjadi 162 miliar dolar Amerika, naik dari 133 miliar dolar Amerika tahun lalu.

Daftar jajaran orang terkaya di Indonesia tersebut merupakan para pemilik berbagai sektor bisnis besar. Dilansir pada Jumat (4/3/2022), berikut Urbanasia rangkum orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

R. Budi dan Michael Hartono 

1646394801-image-forbes.pngSumber: R. Budi dan Michael Hartono masuk daftar orang Indonesia terkaya 2022 (Forbes)

Di urutan paling atas terdapat R. Budi dan Michael Hartono dengan kekayaan 42,6 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp 612,8 triliun.

R. Budi dan Michael Hartono mendapatkan sebagian besar kekayaan mereka dari investasi di Bank Central Asia (BCA). Keluarga Hartono membeli saham BCA dari Anthoni Salim yang mengalami krisis ekonomi Asia pada tahun 1997-1998.

Kekayaan keluarga Hartono ini juga berasal dari Djarum Group, bisnis elektronik populer Polytron, dan real estate utama di Jakarta.

2. Keluarga Widjaja

1646394816-eka-tjipta-widjaja-forbes.jpgSumber: Eka Tjipta Widjaja masuk daftar orang Indonesia terkaya 2022 (Forbes)

Urutan selanjutnya daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes adalah keluarga Widjaja dengan besar kekayaan 9,7 miliar dolar Amerika atau setara dengan RP 139,5 triliun.

Keluarga Widjaja mewarisi bisnis besar Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari 2019. Eka Tjipta Widjaja memulai usahanya dari menjual biskuit saat remaja.

Hingga saat ini Sinar Mas menjadi perusahaan terbesar mereka yang bergerak di bidang kertas, real estat, jasa keuangan, perawatan kesehatan, agribisnis, dan telekomunikasi.

3. Anthoni Salim

1646394810-anthoni-salim-forbes.jpgSumber: Anthoni Salim masuk daftar orang Indonesia terkaya 2022 (Forbes)

Dengan total kekayaan 8,5 miliar dolar Amerika atau setara Rp 122,9 triliun, Anthoni Salim masuk di urutan ketiga untuk daftar orang Indonesia terkaya versi Forbes.

Ia mengepalai Salim Group dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi. Diketahui Salim adalah CEO dari Indofood dengan pemasukan 5,8 miliar dolar Amerika.

Keluarga Salim juga memiliki saham di perusahaan investasi yang terdaftar di Hong Kong, First Pacific dengan aset sebesar 27 miliar dolar Amerika di enam negara. 

Melanjut daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2022 setelah tiga daftar di atas, yaitu:

- Sri Prakash Lohia dengan kekayaan 6,2 miliar dolar Amerika

- Prajogo Pangestu dengan total kekayaan 6,1 miliar dolar Amerika

- Chairul Tanjung dengan kekayaan 5,5 miliar dolar Amerika

- Susilo Wonowidjojo dan keluarga dengan total kekayaan 4,8 miliar dolar Amerika

- Boenjamin Setiawan dan keluarga dengan jumlah kekayaan 4,2 miliar dolar Amerika Serikat

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait