Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Daftar Tarif Terbaru Tes PCR di Jakarta Berdasarkan 5 Aplikasi Kesehatan

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Daftar Tarif Terbaru Tes PCR di Jakarta Berdasarkan 5 Aplikasi Kesehatan
Image: Tes pemeriksaan swab antigen COVID-19 (Ilustrasi BNPB)

Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menetapkan tarif tertinggi baru untuk pemeriksaan tes COVID-19 dengan metode RT-PCR pada Senin (16/8/2021).

Dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/2845/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), Kemenkes telah menurunkan harga pemeriksaan RT-PCR sebesar 45 persen dari harga sebelumnya. Sehingga saat ini tarif tertinggi tertinggi RT-PCR di pulau Jawa dan Bali seharga Rp 495 ribu sementara di luar pulau Jawa dan Bali seharga Rp 525 ribu.

“Dari hasil evaluasi, kami sepakati bahwa batas tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR diturunkan menjadi Rp 495 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta sebesar RP 525 ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali,” kata Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof. Abdul Kadir dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin lalu.

Ia menegaskan bahwa batas tarif tertinggi ini hanya berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri atau mandiri. Sementara untuk kegiatan penelusuran kontak atau rujukan kasus COVID-19 ke rumah sakit yang mendapatkan bantuan pemeriksaan RT-PCR dari pemerintah akan menjadi penjaminan pembiayaan pasien COVID-19. Aturan ini pun mulai berlaku pada Selasa (17/8/2021).

Namun, bagaimana dengan harga tes PCR di rumah sakit maupun laboratorium kesehatan di DKI Jakarta? Apakah harganya benar-benar sudah turun dan sesuai dengan aturan baru Kemenkes tersebut?

Berdasarkan penelusuran Urbanasia, beberapa rumah sakit maupun laboratorium yang menawarkan layanan tes PCR sudah mulai menurunkan harganya sejak beberapa waktu lalu.

Namun sayangnya, saat Urbanasia mengecek harga di sejumlah aplikasi penyedia layanan kesehatan, masih banyak laboratorium dan rumah sakit di DKI Jakarta yang belum menurunkan harganya, bahkan masih ada yang mencantumkan tarif hingga jutaan untuk hasil tes satu hari.

Berikut daftar harga terendah hingga tertinggi untuk tes PCR yang Urbanasia rangkum dari berbagai aplikasi penyedia layanan kesehatan, Kamis (19/8/2021) :

1. Halodoc

1629361749-Halodo.pngSumber: Logo halodoc. (Dok Halodoc)

Berdasarkan pencarian Urbanasia di aplikasi Halodoc, untuk penyedia layanan tes PCR dengan hasil satu hari sudah banyak yang menurunkan harganya. Bahkan dari penelusuran Urbanasia, harga terendah untuk tes PCR di Jakarta dengan hasil satu hari yaitu Rp 450 ribu. Sementara harga tertinggi yaitu Rp 500 ribu.

Namun untuk layanan PCR drive thru harganya masih beragam, tergantung dari seberapa lama hasil tes kita akan keluar. Untuk harga terendah PCR drive thru di aplikasi Halodoc yaitu Rp 489 ribu dengan hasil satu hari kerja, dan harga tertinggi yaitu Rp 1,3 juta untuk hasil enam jam.

2. Alodokter

1611918608-alodokter.jpegSumber: Ilustrasi platform kesehatan digital Alodokter (Alodokter)

Tak berbeda jauh dengan aplikasi Halodoc, dalam aplikasi Alodokter juga sudah banyak yang menurunkan harga pemeriksaan PCR. Namun sayangnya belum banyak yang merubah harga dan menyesuaikan dengan aturan baru Kemenkes.

Dari pantauan Urbanasia, harga terendah untuk tes COVID-19 PCR untuk hasil dalam satu hari di aplikasi Alodokter adalah Rp 489 ribu dan banyak yang masih memasang tarif Rp 705 ribu.

Sementara harga tertinggi, Urbanasia masih menemukan ada yang memasang tarif Rp 1,3 juta untuk hasil yang sama, yaitu dalam satu hari.

3. SehatQ

1629362075-Sehatq.jpgSumber: Aplikasi SehatQ. (Dok. SehatQ)

Aplikasi ketiga yang Urbanasia coba adalah SehatQ. Dalam aplikasi ini juga sudah ada beberapa yang menurunkan harga tes PCR.

Tercatat harga terendah untuk tes PCR dengan hasil satu hari di Jakarta, yaitu Rp 475 ribu, sementara harga tertinggi masih ada yang mencantumkan Rp 900 ribu.

4. Klikdokter

1629362217-Klikdoktor.pngSumber: Klikdokter. (Dok Klikdokter)

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi Klikdokter. Berbeda dengan aplikasi lainnya, pada aplikasi Klikdokter masih belum terlihat adanya penurunan harga di sejumlah rumah sakit maupun klinik yang menyediakan layanan PCR. Adapun harga terendah masih tercantum Rp 700 ribu dan harga tertinggi Rp 950 ribu.

Selain itu, ada juga layanan homecare PCR Test yang bisa kamu pesan lewat aplikasi ini. Adapun harga yang ditawarkan, yaitu mulai dari Rp 900 ribu.

5. Good Doctor

1629362665-Hamish-Daud-dan-Raisa-Andriana-.pngSumber: Raisa Andriana dan Hamish Daud Jadi Brand Ambassador Good Doctor. (Dok. Good Doctor)

Aplikasi terakhir adalah aplikasi Good Doctors. Pada aplikasi ini juga sudah tampak ada perubahan harga PCR Test di sejumlah rumah sakit dan laboratorium di Jakarta untuk hasil satu hari. Adapun harga terendah PCR Test di aplikasi ini adalah Rp 450 ribu.

Sayangnya tak sedikit juga lokasi yang masih menerapkan harga di atas ketentuan Kemenkes. Harga tertinggi yang Urbanasia temukan untuk PCR Test hasil satu hari di aplikasi ini, yaitu Rp 1,4 juta. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait