Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Database KPAI Diduga Bocor dan Diperjualbelikan di Forum Hacker

Afid Ahman,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Database KPAI Diduga Bocor dan Diperjualbelikan di Forum Hacker
Image: Ilustrasi hacker. (Pixabay)

Jakarta - Kasus kebocoran data kembali terjadi di Indonesia. Kali ini data miliki Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) diduga bocor dan diperjualbelikan di situs forum hacker.

Database milik KPAI tersebut diperjualbelikan oleh seseorang dengan username C77 di situs Raid Forums.

Postingan bertajuk "Leaked Database KPAI," diunggah C77 pada 13 Oktober 2021. Ada dua file database yang dijual, yakni kpai_pengaduan_csv dan kpai_pengaduan2_csv.

Untuk mengunduh data itu user Raidforums harus mengeluarkan 8 credits per data atau sekitar Rp 35 ribu.

"Dua database yang diberikan yakni berukuran 13MB dengan nama file kpai_pengaduan_csv dan 25MB dengan nama kpai_pengaduan2_csv," ucapnya menambahkan.

Agar meyakinkan pembeli dia memberikan sample data. Dari sampel data yang dibagikan, tertulis lengkap informasi penting dan rawan disalahgunakan.

Adapun isi sampel data tersebut, termasuk nama, nomor_identitas, kewarganegaraan, telepon, hp, agama, pekerjaan, pendidikan, alamat, email, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, provisi, kota, dan usia.

Belum diketahui apakah database tersebut berisikan data pengaduan masyarakat di Tanah Air. Pihak KPAI sendiri hingga kini belum mengeluarkan pernyataan terkait kabar kebocoran data ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait