Jakarta - Layanan streaming hiburan terkemuka di dunia Netflix pada hari ini mengadakan workshop secara virtual bersama dengan pembicara Christopher Mack, Director, Creative Talent Investment & Development Netflix.

Ajang workshop ini merupakan salah satu komitmen Netflix dalam mendukung pertumbuhan industri kreatif lokal melalui inisiatif Creative Capacity Development yang telah disepakati bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Urbanreaders. 

Bahkan baru-baru ini Netflix menandatangani kerja sama produksi 2 film dari Indonesia yang rencananya akan tayang di tahun 2021. Nah, dalam kegiatan workshop virtual ini pun lebih dari 400 kreator lokal ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar cara membuat dan mendokumentasikan ide-ide film berdasarkan pengalaman terbaik dari para penulis cerita andal. 

Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid menyampaikan bahwa layanan streaming Netflix yang telah ada sejak beberapa tahun terakhir ini menjadi peluang besar untuk mentransfer pengetahuan dan pengembangan kapasitas.

Dimana lewat workshop secara virtual ini para sineas lokal dapat memahami lagi tentang penulisan skenario dari para profesional yang memiliki pengalaman panjang di industri film maupun televisi. 

"Tidak hanya itu, melihat banyaknya penulis skenario berpengalaman yang berpartisipasi, saya yakin workshop ini dapat menjadi platform untuk saling berbagi ilmu dan berdialog,” ujar Hilmar. 

Lewat workshop virtual Christopher Mack, r, Creative Talent Investment & Development Netflix selaku pembicara menyampaikan bahwa masa pandemi ini menjadi waktu yang cukup baik untuk membuat konten yang dapat ditonton oleh orang-orang. 
 
“Pandemi membuat orang berhenti bepergian dan mereka memuaskan hasrat tersebut dengan menonton konten dari seluruh dunia. Batas-batas wilayah yang pernah ada kini telah runtuh. Inilah saatnya bagi para penulis untuk menuliskan apa yang ingin mereka ceritakan tentang kebudayaan mereka dan saatnya bagi penonton untuk dihibur dengan cerita-cerita tersebut.” ujar Christopher

Tidak hanya itu, Salman Aristo, Ketua Asosiasi Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (PILAR) juga turut menyampaikan bahwa workshop virtual ini cukup membantu sineas lokal dalam menambah wawasan baru. 
 
“Inilah yang kami butuhkan sebagai kreator dan saya pikir Netflix telah menetapkan standar yang tinggi bagi layanan streaming lainnya. Semoga akan ada lebih banyak program lagi seperti ini kedepannya untuk dapat membantu kreator lokal mencapai standar kualitas yang tinggi itu.” ujar Salman. 
 

Komentar
paper plane