Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Tertarik Melakukan Lucid Dream? Begini Caranya!

Indi Lusiani,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tertarik Melakukan Lucid Dream? Begini Caranya!
Image: Ilustrasi bermimpi. (Freepik)

Jakarta - Diantara kalian ada yang pernah sadar ketika sedang bermimpi? Jika iya, maka diri kamu tengah mengalami mimpi saat kondisi tersadar, atau biasa dikenal dengan istilah lucid dream.

Fenomena ini ternyata sering dikaitkan dengan pengalaman supranatural, yang terjadi saat kamu memasuki tahap tidur rapid eye movement (REM) atau tahapan saat kamu bermimpi.

Melansir luciddreamsociety, ternyata lucid dream mempunyai beberapa manfaat, diantaranya membantumu menghadapi ketakutan atau fobia, latihan berbicara di depan banyak orang, latihan bersosialisasi, mengambil keputusan, kepuasan seksual, dan pemulihan emosi.

Nah, tertarik mencoba Lucid Dream? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan lucid dream!

1. Reality Testing

Dilansir Healthline, reality testing merupakan bentuk dari latihan mental yang artinya adalah mengecek apakah kamu sedang bermimpi atau tidak.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk reality testing adalah bertanya dengan dirimu, "apakah ini mimpi?" dan mengecek lingkungan sekitar. Kamu bisa memasang alarm setiap dua atau tiga jam untuk mengingatkan dirimu untuk melakukan reality testing.

2. Buat Jurnal Mimpi

Biasanya orang yang telah melakukan lucid dream menggunakan buku hariannya, untuk membantu mencapai mimpi. Caranya dengan menuliskan isi mimpimu, hal ini akan memaksa kamu untuk mengingatnya. 

Simpanlah buku catatan dan pena di samping tempat tidur. Selanjutnya, tuliskan mimpi segera setelah bangun dan baca jurnal tersebut secara teratur untuk membiasakan otak dengan mimpi-mimpimu.

3. Wake Back To Bed (WBTB)

Teknik wake back to bed (WBTB) berarti memasuki tahap tidur REM saat masih sadar. Cara melakukan lucid dream yang satu ini dapat dilatih sesering mungkin. Metodenya meliputi:

  • Setel alarm untuk berdering lima jam setelah waktu tidur
  • Tidur seperti biasa
  • Saat alarm berbunyi, bangunlah selama 30 menit
  • Kembali tertidur

Saat bangun, cobalah untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan kesadaran penuh, seperti membaca bacaan ringan. Jadi, saat kembali tertidur, kemungkinan besar kamu akan langsung mengalami lucid dream.

4. Mnemonic Induction to Lucid Dreaming (MILD)

Setiap malam sebelum tertidur, ucapkan kepada diri sendiri “Aku akan tahu saat aku bermimpi” sampai kesadaran kamu menghilang. Teknik ini disebut “Induksi Mnemonik Mimpi Sadar” (Mnemonic Induction to Lucid Dreaming). Induksi mnemonik berarti induksi menggunakan bantuan memori atau menggunakan hafalan kata-kata.

Namun perlu diketahui, lucid dream juga memiliki beberapa resiko, antara lain mungkin kamu bisa “terjebak” dalam mimpi dan merasa lebih sulit untuk bangun. Tak hanya itu, seseorang juga tidak bisa mendapatkan istirahat yang cukup karena kelelahan atau kualitas tidur menjadi lebih buruk loh.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait