Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Gaet Prilly Latuconsina, Umay Shahab Garap Film 'Kukira Kau Rumah'

Nivita Saldyni,
7 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gaet Prilly Latuconsina, Umay Shahab Garap Film 'Kukira Kau Rumah'
Image: Screening 'Kukira Kau Rumah'. Sumber: Instagram @umayshahab

Jakarta - Nama Umay Shahab sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Aktor berusia 20 tahun yang dulu dikenal sebagai artis cilik itu kini memulai kariernya sebagai sutradara film, guys.

'Kukira Kau Rumah' adalah karya debut Umay sebagai sutradara film. Dalam karya ini, Umay menggandeng aktris Prilly Latuconsina sebagai sebagai pemeran utama sekaligus produser.

Sinopsis Film 'Kukira Kau Rumah'

Film ini sendiri bercerita tentang Pram, seorang pemuda berusia 21 tahun yang kesepian. Saat dia duduk di bangku SMP, ayahnya meninggal dunia. Sementara sang ibu, selalu sibuk bekerja.

Hari-hari Pram pun diisi dengan bermain musik dan menciptakan lagu sambil bekerja di sebuah music café. Sampai suatu ketika, ia bertemu dengan Niskala (19). Seiring waktu berjalan, hubungan keduanya semakin dekat. Namun Pram tak tahu kalau Niskala mengidap bipolar.

Niskala sendiri diam-diam kuliah tanpa sepengetahuan Dedi (50), sang ayah. Ia diam-diam kuliah untuk membuktikan bahwa ia bisa berprestasi dengan keterbatasannya itu. Hal itu hanya diketahui oleh ibunya, Mela (48) serta dua sahabatnya, Oktavianus (20) dan Dinda (19). 

Pada dasarnya, keadaan Niskala sangat terbatas. Namun semenjak bertemu dan semakin dekat dengan Pram, hidup Niskala mulai berubah. Keduanya pun mulai menjalin hubungan dengan beranggapan bahwa mereka bisa saling mengisi kekosongan kehidupan masing-masing. 

Isu Kesehatan Mental dalam Film 'Kukira Kau Rumah'

Nah debut feature film Umay ini mengangkat isu kesehatan mental, guys. Umay mengatakan pemilihan isu kesehatan mental ini bukan tanpa alasan, melainkan karena ia merasa memiliki kedekatan dengan persoalan tersebut.

"Dari awal skenario ini saya tulis bersama team Sinemaku Pictures, Pak Monty Tiwa dan Mas Imam Salimy, kami sepakat bahwa film 'Kukira Kau Rumah' ini adalah bentuk tabulasi atau juga bisa dibilang sebagai kumpulan cerita teman-teman kami yang mana makin hari semakin banyak teman-teman kami yang berani speak up mengenai kesehatan mentalnya," kata Umay.

Lebih dari itu, Prilly mengaku dirinya dan Umay memilih isu ini karena ingin masyarakat lebih peduli terhadap masalah kesehatan mental. Apalagi menurutnya kesehatan mental tak kalah penting dari kesehatan fisik.

"Sampai saat ini banyak sekali yang meremehkan kesehatan mental dan tidak mengerti menangani orang dengan gangguan mental. Orang juga sering langsung memberikan label 'orang gila' kepada orang yang mempunyai penyakit mental. Dan tidak sedikit juga orang menghubungkan penyakit mental dengan dekat atau tidaknya orang tersebut dengan tuhan. Padahal, penyakit mental banyak sebabnya dan perlu ditangani oleh profesional. Kesehatan mental juga bisa menyebabkan kematian," ungkap Prilly.

"Saya dan Umay juga yakin, menyampaikan pesan ini lewat film akan lebih efektif dan berdampak lebih besar," pungkasnya.

Sebagai informasi, film 'Kukira Kau Rumah' merupakan adaptasi dari lagu berjudul sama karya grup musik indie, Amigdala. Film yang diproduksi oleh Sinemaku Pictures ini akan dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, Raim Laode, Unique Priscilla dan Kiki Narendra. 

Untuk kamu yang penasaran, official teaser film 'Kukira Kau Rumah' akan dirilis bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia, Minggu (10/10/2021). Official teaser itu akan dirilis pukul 18.00 di akun YouTube Sinemaku Pictures yang bisa kamu akses di bawah ini!


 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait