Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Gandeng 3 Koreografer, Kompetisi 'Indonesia Menari' Digelar Virtual

Deandra Salsabila,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gandeng 3 Koreografer, Kompetisi 'Indonesia Menari' Digelar Virtual
Image: Para pihak yang terlibat dalam Indonesia Menari Virtual 2021 (Indonesia Kaya)

Jakarta - Tahun ini, www.indonesiakaya.com kembali menghadirkan 'Indonesia Menari' yang mengajak masyarakat Indonesia lebih dekat dengan tarian tradisional Indonesia yang dikemas secara modern. Indonesia Menari adalah kegiatan tahunan yang dimulai sejak tahun 2012.  

Pada tahun 2019,  Indonesia Menari sukses dilaksanakan secara serempak di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. Namun, pandemi yang melanda seluruh dunia membuat kegiatan ini harus dibatalkan untuk tahun 2020. Alhasil, di 2021 ini penikmat seni dan para pecinta tari dapat kembali turut serta dalam kemeriahan Indonesia Menari 2021 yang akan kembali diselenggarakan secara virtual. 

“Kami menghadirkan kembali Indonesia Menari yang dapat diikuti secara individu dalam ruang digital untuk memenuhi dan melepas kerinduan masyarakat terhadap kegiatan yang biasanya rutin untuk diselenggarakan setiap tahun dan hanya di beberapa kota besar di Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com melalui keterangan pers yang diterima Urbanasia, Jumat (13/8/2021).

Indonesia Menari Virtual 2021 menggandeng 3 koreografer berprestasi Indonesia, yaitu Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Indonesia Menari tahun ini hanya dapat diikuti oleh peserta individu. Hal ini sejalan dengan imbauan pemerintah untuk #DiRumahAja, menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Penikmat seni maupun pecinta tari yang ingin berpartisipasi dapat langsung mengunggah video di Instagram dan mendaftarkan diri di www.indonesiakaya.com, berikut adalah kategori peserta perorangan dan periode waktu untuk ikut berpartisipasi dalam babak penyisihan Indonesia Menari Virtual 2021: 

Kategori A: Usia 19 tahun ke atas (1 - 5 September 2021)   
Kategori B: Usia 13 tahun - 18 tahun (8 - 12 September 2021)  
Kategori C: Usia 6 tahun - 12 tahun (15 - 19 September 2021)

Baca Juga: Kompetisi 'Good to Bigood' dari Bigo Live Resmi Berakhir

1628836595-Seluruh-Narasumber.pngSumber: Para pihak yang terlibat dalam Indonesia Menari Virtual 2021 (Indonesia Kaya)

Dalam babak penyisihan, para peserta dapat menarikan koreografi yang dapat dilihat melalui website maupun kanal YouTube IndonesiaKaya mulai 12 Agustus 2021. Setelah itu, dapat mengunggah rekaman tarian sesuai dengan periode waktu dari masing-masing kategori ke akun Instagram pribadi dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut: 

-     Ketentuan Akun Instagram:

1.  Satu akun Instagram hanya untuk satu peserta. Peserta yang tidak memiliki akun Instagram pribadi dapat memakai akun milik orang/institusi lainnya, dengan tetap mengacu peraturan yang sama.

2.  Video harus tetap berada di feed Instagram peserta selama proses Indonesia Menari Virtual 2021.

3.  Tidak mengunci akun Instagram selama proses acara Indonesia Menari 2021. Akun yang terkunci akan otomatis didiskualifikasi.

4.  Follow @indonesia_kaya

-    Ketentuan Video:

1.  Wajib menggunakan framing dan musik Indonesia Menari Virtual 2021 Penyisihan yang sudah disediakan pada link https://tinyurl.com/FrameIMV2021

2.  Pengambilan gambar dilakukan secara utuh dengan musik yang sudah disediakan sesuai durasi musik yang ada dan dalam lingkungan yang kondusif (Diharapkan tidak ada suara lain yang mengganggu).

3.  Memastikan koreografi dan musik tersinkronisasi dengan baik.

4.  Pengambilan video dilakukan dengan satu arah dari depan dan tanpa pergerakan (Dapat menggunakan tripod atau sejenisnya).

5.  Pengambilan video dapat dilakukan dengan menggunakan semua jenis perangkat, baik telepon genggam ataupun kamera digital.

6.  Video menangkap semua gerakan dengan jelas tanpa ada bagian tubuh yang terlewat dari batas video.

7.  Hasil kualitas video tidak mempengaruhi penilaian, namun diharapkan dengan kualitas yang baik dan jelas untuk membantu proses penjurian.

8.  Video dapat diambil pada lokasi indoor atau outdoor dengan pencahayaan yang cukup.

9.  Diharapkan video tidak mengandung watermark dari aplikasi penyunting video.

Dalam babak penyisihan, para peserta juga diwajibkan untuk mencantumkan tagar #MenariDiRumahAja, #IndonesiaMenariVirtual2021 dan tagar sesuai kategori; #IMVKatA (kategori A) atau  #IMVKatB (kategori B) atau #IMVKatC (kategori C). Para peserta juga diwajibkan untuk menuliskan Nama Lengkap, Kategori, Asal Provinsi sesuai dengan yang dituliskan pada formulir pendaftaran, dan  kalimat ‘Cinta Budaya, Cinta Indonesia’. 

Peserta dapat mengenakan pakaian bertemakan Etnik Modern, kolaborasi baju berunsur etnik dengan sentuhan modern yang nyaman dipakai, tanpa mengganggu gerak, dan tanpa properti tari. 

Setelah mengikuti babak penyisihan, 100 peserta yang beruntung dari masing-masing kategori dapat mengikuti babak semifinal pada 25 -29 September 2021. Dari 100 peserta, akan dipilih lagi 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk mengikuti babak final pada Minggu, 10 Oktober 2021 dan dapat disaksikan secara virtual di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait