Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Ganjar Dukung Usulan Candi Borobudur jadi Tempat Ibadah Umat Buddha Sedunia

Shelly Lisdya,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ganjar Dukung Usulan Candi Borobudur jadi Tempat Ibadah Umat Buddha Sedunia
Image: Kemenpar.go.id

Semarang - Urbabreaders pasti sudah tahu Candi Borobudur kan? Ya, bangunan bersejarah peninggalan peradaban Hindu-Buddha ini telah diakui UNESCO sebagai keajaiban dunia.

Namun, nggak hanya untuk destinasi wisata aja, Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas berwacana bakal menjadikan Borobudur sebagai rumah ibadah umat Buddha di dunia loh guys.

"Kita berharap segenap ormas keagamaan dan majelis Buddha bersatu padu dalam mewujudkan Borobudur sebagai sentral rumah ibadah umat Buddha dunia. Misalnya dalam perayaan Waisak dan perayaan keagamaan lainnya," ujar Yaqut seperti dikutip dari laman Kemenag.

"Hal ini bisa terwujud bila umat Buddha di Indonesia bersatu dan kami siap fasilitasi," tambahnya.

Sementara itu, rencana Yaqut sepenuhnya didukung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ia mengatakan, jika dalam setahun jutaan umat Buddha dari berbagai negara berkunjung ke Borobudur.

"Kalau itu bisa dilakukan, dalam satu tahun kurang lebih ada lima perayaan keagamaan, maka sekian banyak, jutaan orang akan datang berkali-kali ke sana (Borobudur)," katanya seperti dilansir dari Instagram @humas.jateng, Selasa (2/2/2021).

Ganjar berharap semua dapat berkomunikasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). 

"Saya kira langkah-langkahnya harus disiapkan dengan baik, dan kelompok-kelompok masyarakat di sana harus diajak bicara. Sehingga mereka bisa memahami keputusan ini. Pada prinsipnya, ini usulan bagus," tandasnya.

Sebenarnya, pada awal masa tugasnya sebagai Gubernur Jateng periode pertama, Ganjar sempat memiliki ide untuk menjadikan Borobudur sebagai tempat ibadah umat Buddha di dunia. Bahkan, ia pernah menyampaikan kepada Wakil Presiden Budiono.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait