beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Gelaran WSBK Mandalika 2022 Tak Pakai Pawang Hujan, Diganti Istigasah

Itha Prabandhani,
13 November 2022 17.49.10 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gelaran WSBK Mandalika 2022 Tak Pakai Pawang Hujan, Diganti Istigasah
Image: Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (Foto: Twitter @MotoGP)

Jakarta - Sirkuit Mandalika kembali menjadi tuan rumah untuk seri World Superbike (WSBK), salah satu gelaran balap motor papan atas, selain MotoGP. Meski dilangsungkan selama musim hujan, ajang WSBK seri ke 11 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, 11-13 November 2022, tidak menggunakan pawang hujan seperti pada ajang MotoGP di Mandalika.

Menurut Komandan Lapangan World Superbike (WSBK) Mandalika, Jamaluddin Maladi, alih-alih menggunakan pawang hujan, pihaknya mempercayakan kondisi alam sepenuhnya pada kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena itu, pihaknya tidak mengundang pawang hujan untuk menghalau hujan, demi kelancaran gelaran balap motor. Sebagai gantinya, pihak penyelenggara menggelar istigasah bersama.

“Kita percayakan kepada sang penguasa Allah SWT,” kata Jamaluddin saat konferensi pers di Media Center WSBK Sirkuit Mandalika, seperti dikutip ANTARA, Sabtu (12/11/2022).

Istigasah dilakukan bersama-sama dengan pemerintah daerah NTB dan TNI Polri di Masjid Nurul Bilad sebelum balapan dimulai, pada Kamis (10/11/2022).

“Hari pertama balapan (Jumat) cuaca di Mandalika cerah, padahal di Kota Praya dan Mataram hujan,” katanya.

Jamaluddin juga mengungkapkan bahwa cuaca pada hari Sabtu (12/11/2022) pukul 12 WITA cukup cerah. Ia berharap agar kondisi cuaca di Mandalika pada hari terakhir balapan, Minggu (13/11/2022), terus baik, supaya para penonton bisa menyaksikan balapan dengan aman dan nyaman.

“Kita berharap cuaca bisa mendukung, kita bisa menonton dengan aman dan nyaman,” katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan adanya potensi terjadi hujan sedang pada ajang WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional, Lombok, Nusa Tenggara Barat tanggal 11-13 November 2022.

“Prakiraan Cuaca wilayah Mandalika tanggal 11-13 November 2022 itu cerah berawan hingga hujan sedang,” kata prakirawan BMKG Stasiun Zaenudin Abdul Majid Lombok, Gede Dedy Krisnawan dalam keterangan tertulisnya.

Cuaca di wilayah Mandalika pada Jumat, 11 November 2022 yakni pagi hari cerah - cerah berawan, siang - sore hari berawan – hujan ringan dan malam - dini hari cerah berawan - hujan ringan.

Selanjutnya pada Sabtu, 12 November 2022 cuaca di Mandalika pada pagi hari yakni cerah berawan - berawan, siang - sore hari yakni berawan - hujan sedang dan malam - dini hari yakni cerah berawan - berawan.

Kemudian, pada hari terakhir, Minggu, 13 November 2022 cuaca di Mandalika pada pagi hari itu cerah berawan, siang - sore hari itu cerah - hujan sedang dan malam - dini hari itu cerah berawan - berawan.

BMKG juga mengimbau warga untuk mewaspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait