Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Google Tuding Apple Bully Pengguna Android Pakai iMessage

Shinta Galih,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Google Tuding Apple Bully Pengguna Android Pakai iMessage
Image: Ilustrasi Ponsel (Freepik/Freepik)

Jakarta - Google melancarkan tudingan kalau Apple melakukan bully pengguna Android menggunakan iMessage. Bagaimana bisa?

iMessage merupakan layanan pesan milik Apple. Ketika sesama pengguna Apple saling berkirim pesan akan ditandai buble berwarna biru.

Sementara bila pesan yang dikirimkan di luar sistem operasi yang dimiliki Apple maka akan menampilkan bubble berwarna hijau. Ini juga sebagai tanda kalau pesan yang terkirim berbentuk SMS.

Perbedaan warna inilah, kata Google, seolah menjadi simbol status pada pengguna kalangan remaja di Amerika Serikat. Pada akhirnya bikin pengguna Android merasa terkucilkan.

"Penguncian iMessage Apple merupakan strategi terdokumentasi. Menggunakan tekanan teman sebaya dan intimidasi menjadi cara untuk menjual produk tidak jujur untuk perusahaan yang punya kemanusiaan dan kesetaraan sebagai bagian inti pada pemasarannya. Standar hari ini untuk memperbaikinya," tulis Hiroshi Lockheimer, Kepala Android Google. 

Lockheimer tidak meminta Apple membuat iMessage bisa diakses di Android. Hanya dia  meminta perusahaaan besutan Steve Jobs itu mendukung standard industri untuk pesan modern (RCS) di iMessage.

Tanpa RCS, dia mengatakan Apple menahan industri. Bahkan membuat pengalaman pengguna tertahan untuk Android dan juga iOS sendiri. Padahal pengadopsian RCS juga sudah direstui oleh beberapa operator seluler di Amerika Serikat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait