menu
user
URnews

'Gubernur Khofifah' Dituding Trending karena Buzzer, Ini Kata Pemprov Jatim

Nivita Saldyni,
7 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
'Gubernur Khofifah' Dituding Trending karena Buzzer, Ini Kata Pemprov Jatim
Image: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Instagram @khofifah.ip)

Surabaya - Baru-baru ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali jadi sorotan. Khofifah dituding menggunakan buzzer karena banyaknya cuitan dari netizen tentang 'Gubernur Khofifah' di Twitter hingga membuatnya trending, Minggu (4/4/2021).

"Liat trending topics 'Gubernur Khofifah' di scroll banyak tweet serupa dan seirama!! Hallo hallo para BuzzeRp ud dpt bayarannya lom??," cuit salah seorang netizen, seperti dilihat Urbanasia pada Senin (5/4/2021).

"Gubernur Khofifah pake jasa tukang trending, cuitannya seragam kayak anak SD heuheuheu," kata netizen di Twitter.

"Baru tau masa sih sekelas Gubernur Khofifah pake jasa Buzzer," balas lainnya.

Menanggapi tudingan-tudingan tersebut, Pemprov Jatim akhirnya buka suara. Melalui Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono, Pemprov menegaskan tidak memiliki dan tidak mempekerjakan buzzer. 

“Sekali lagi saya ingin tegaskan bahwa Grahadi tidak pernah memanipulasi percakapan di platform media sosial manapun. Kami juga tidak pernah menganggarkan untuk menggerakkan buzzer,” kata Heru dikutip dari keterangan resmi Humas Pemprov Jatim, Senin (5/4/2021).

Gubernur Khofifah sendiri, kata Heru, mengaku kaget saat dirinya diberitahu menjadi trending topic di Twitter. Terlebih menurut Heru percakapan yang trending tersebut berpola dan seperti mengikuti satu instruksi.

“Jadi isinya petikan-petikan isi berita dan statement, namun tidak jelas apa yang dimaksud. Inilah yang mengakibatkan netizen menuding Grahadi menggerakkan buzzer. Padahal kami sendiri tidak tahu siapa dirigennya,” jelasnya.

Heru pun enggan berspekulasi siapa pelakunya. Namun ia menduga pelakunya ingin menjatuhkan kredibilitas Khofifah.

“Kami tidak ingin berspekulasi siapa pelakunya. Mungkin orang iseng yang ingin menjatuhkan kredibilitas Gubernur Khofifah. Tapi yang pasti, kami tidak pernah mempekerjakan buzzer untuk pencitraan Gubernur Khofifah,” tegas Heru. 

Heru mengaku kata 'Gubernur Khofifah' sempat beberapa kali jadi trending topic di Twitter, salah satunya pada Januari 2021 dan yang terbaru adalah pada Minggu (4/4/2021) kemarin. Uniknya saat ditelusuri, cuitan itu dituliskan oleh akun-akun baru yang mayoritas bergabung di Twitter pada Januari - Maret 2021.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait