beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

HUT Museum Tekstil Ke-46, Disbud DKI Gelar Pameran Tenun Selama Sepekan

Fitri Nursaniyah,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
HUT Museum Tekstil Ke-46, Disbud DKI Gelar Pameran Tenun Selama Sepekan
Image: Instagram/museum_tekstiljkt

Jakarta - Dalam rangka memperingati HUT Museum Tekstil ke-46, Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi DKI Jakarta menggelar pameran tenun Indonesia selama satu pekan yakni pada Rabu (20/7/2022) sampai Rabu (31/8/2022).

Tak hanya memperingati HUT Museum Tekstil ke-46, pameran tenun ini juga digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang.

Dalam rilis resminya, Disbud DKI Jakarta memaparkan bahwa pameran tenun berjudul 'Nuansa Kemilau Wastra Tenun Indonesia: Sumatra, Sulawesi, dan Timor' ini diselenggarakan oleh Unit Pengelola Museum Seni.

Lewat pameran tersebut, Disbud DKI Jakarta ingin melestarikan Wastra Indonesia dan mengingatkan masyarakat akan kekayaan sejarah bangsa Indonesia.

"Nantinya, kekhasan dan keunikan wastra tenun dari ketiga pulau tersebut akan ditampilkan, yang beberapa di antaranya sudah langka dan tidak dibuat lagi. Ekspresi yang tertuang dalam setiap lembaran wastra ini adalah perwujudan tanda cinta dan kesetiaan pada tanah air, yaitu Indonesia," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan bahwa pameran ini merupakan kerja sama Disbud DKI Jakarta dengan Himpunan Wastraprema.

Nantinya sebanyak 138 lembar kain tenun dari koleksi Museum Tekstil, Rumah Wastra Jo Seda, serta kolektor Alm. Biranul Anas yang berasal dari Sumatra, Timor dan Sulawesi akan dipamerkan di sana.

Tak hanya pamerkan kain tenun, pameran ini juga disemarakkan dengan kegiatan lain seperti tur pameran virtual, lomba karya tenun, workshop membatik, hingga webinar dalam satu pekan penuh.

"Kami ucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan pameran ini agar berjalan sukses dan lancar. Semoga kerjasama ini tetap terjaga dan terus ditingkatkan di masa mendatang dalam berbagai bentuk aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat," ucap Iwan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait