beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Ibu Perlu Waspada, Minyak Telon dan Bedak Bayi Bisa Bahaya Buat Si Kecil

Kintan Lestari,
25 Agustus 2022 12.04.52 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ibu Perlu Waspada, Minyak Telon dan Bedak Bayi Bisa Bahaya Buat Si Kecil
Image: Ilustrasi ibu hendak memakaikan bedak bayi. (Freepik/grooveriderz)

Jakarta - Banyak produk perawatan kulit untuk bayi, di antaranya sabun bayi, baby oil, bedak bayi, cologne, minyak telon, dan yang lainnya. Tapi ternyata beberapa produk tersebut bisa bikin kulit si bayi iritasi loh.

Minyak telon misalnya. Sehabis mandi kan anak bayi diusapkan minyak telon ya supaya mereka hangat. Nah, rupanya minyak telon bisa membuat iritasi loh karena kulit bayi masih sangat sensitif. Hal itu disampaikan oleh dokter spealis anak, dr. Citra Amelinda.

"Pemakaian minyak telon itu kadang-kadang terlalu sensitif buat bayi. Jadi kalau mau pakai minyak telon coba dulu dioleskan di punggung tangan. Tunggu 4-24 jam, kalau aman baru boleh pakai. Pakainya juga dari telapak kaki dulu baru ke atas, karena telapak kaki dan telapak tangan itu yang paling tebal. Telon termasuk keras untuk kulit bayi, jadi perlu hati-hati," kata dr. Citra saat ditemui di sebuah acara di kawasan Menteng, Selasa (23/8/2022).

Lalu bedak bayi juga tidak boleh dipakai ke kulit, terutama bagian atas tubuh bayi. Seperti diketahui, belum lama ini beredar info ditariknya bedak bayi merek Johnson & Johnson karena diduga bedak tersebut mengandung asbes, tepatnya karsinogen, yang dapat memicu kanker.

Citra pun mengungkap kalau dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sudah tidak menyarankan orang tua menggunakan bedak bayi.

"Dari IDAI kita disarankan tidak pakai bedak. Pertama karena bedak itu dia bisa keserap ke saluran napas dan dia menyebabkan iritasi di paru-paru," jelasnya.

Namun dokter sekaligus penulis buku 'Cemong Books: MPASI 101' ini mengungkap bedak bayi bisa digunakan di bagian popok supaya cepat kering.

"Tapi kalau misalnya pakaikan bedak di bagian popok supaya cepat kering mungkin nggak papa, tapi jangan dekat mulut. Sehingga kesimpulannya adalah sebenarnya bedak itu sudah tidak dianjurkan terutama untuk wajah, tapi kalau di (bagian) bawah hanya untuk supaya cepat kering. Jadi dalam kondisi khusus," tutupnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait