beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Terungkap, Ini Alasan Kenapa Kulit Bayi Sensitif

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Terungkap, Ini Alasan Kenapa Kulit Bayi Sensitif
Image: Iustrasi bayi kembar. (Freepik/freepic.diller)

Jakarta - Bayi yang baru lahir menggemaskan banget ya, Guys! Kulitnya sangat halus meskipun warnanya sedikit kemerahan. Bawaannya kan jadi pengen diuyel-uyel saking gemasnya kita dengan bayi. 

Tapi awas, jangan sembarangan sentuh bayi ya, apalagi kalau itu bayi orang lain. Soalnya kulit mereka sangat sensitif nih, jadi kalau orang yang menyentuh tangannya nggak bersih, yang ada kulit si bayi jadi iritasi.

Kenapa sih kulit bayi sensitif banget? Simak yuk penjelasan dari dokter spealis anak, dr. Citra Amelinda di bawah ini!

"Bayi kan kalau baru lahir kayak ada putih-putih lemaknya yang disebut vernix caseosa. Itu untuk melindungi mereka karena kulitnya masih tipis. Kulit bayi lebih sensitif karena bayi masih berkembang sistem kulitnya. Karena mereka bentengnya lebih tipis, kalau kena zat iritan dari luar itu akan gampang sekali teriritasi," kata dr. Citra saat ditemui di sebuah acara di kawasan Menteng, Selasa (23/8/2022).

Selain itu, dikatakan dr. Citra, kelembapan alami di kulit bayi kadarnya masih sedikit sehingga kulit mereka rentan kering.

"Ada juga yang namanya NMF natural moisturizing factor). Bayi NMFnya sedikit sehingga kulit mereka gampang kering. Kita kan di daerah tropis, kalau popok kan tertutup terus, jadi meski belum pipis atau BAB tapi kena keringat akhirnya lebih lembap. Itu yang bikin kenapa kulit bayi lebih sensitif," sambungnya lagi.

Meski kulit bayi sensitif, tapi orang tua nggak perlu khawatir kulit anaknya mengalami iritasi. Karena dr. Citra memberikan tips nih untuk mencegah masalah di kulit bayi.

"Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sabun bayi, popok bayi, atau apa pun yang kena bayi nggak boleh ada alkohol, pengawet buatan, pewangi, zat SLS. Sebisa mungkin kita mengurangi zat-zat yang mengiritasi kulit bayi. Untuk mencegah terjadinya dermatitis popok dapat dengan menjaga kelembapan dan sering-sering ganti popok. Bayi itu nggak boleh kering, jadi pilih baju kalau bisa yang katun," jelasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait