beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Ingin Berat Badan Turun Alami? Ikuti 5 Langkah Clean Eating Ini

Elga Nurmutia,
28 November 2021 16.56.57 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ingin Berat Badan Turun Alami? Ikuti 5 Langkah Clean Eating Ini
Image: Diet sehat (ilustrasi : Freepik//Schantalao)

Jakarta - Mungkin, memiliki tubuh yang ideal menjadi impian sebagian orang. Terutama wanita yang ingin tampil cantik dengan badan yang ideal. Bahkan, mereka juga rela melakukan berbagai olahraga sampai diet. 

Selain untuk memiliki tubuh yang ideal, namun sebagai salah satu cara untuk memulai hidup sehat. Hal itu bisa dilakukan melalui clean eating yang dapat menurunkan berat badan secara alami. 

Clean eating merupakan sistem diet makanan utuh (whole food), mengurangi makanan kemasan atau yang mengandung penyedap rasa, serta makanan dengan pengawet. 

Berikut ini, Urbanasia rangkum pola clean eating dari berbagai sumber.

1. Pilih Sayur dan Buah

1638092756-Veggie.jpgSumber: Sayur dan buah (Foto: Freepik//JComp)

Sayuran dan buah merupakan makanan yang utama dalam melakukan clean eating. Karena, konsep pola makan yang satu ini memilih makanan utuh atau alami. 

Ketika ingin melakukan clean eating, kamu perlu memasukkan sayur dan buah dalam menu makan sehari-hari, termasuk sebagai camilan.  

2. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Bagi seseorang yang menerapkan pola clean eating, biasanya diberikan petunjuk agar mengonsumsi sekitar 1200-1800 kalori. Itu kisaran yang cukup untuk menjaga energi dan bikin kenyang. Namun, hal itu kembali lagi pada berat dan tinggi badan masing-masing.  

Supaya kalori nggak terlalu banyak tapi kamu tetap kenyang, sebaiknya konsumsi karbohidrat kompleks yang tinggi serat. Misalnya, roti gandum, nasi merah. Jangan lupa juga dibarengi makanan tinggi protein agar kenyangnya terasa lebih lama. 

3. Kurangi Gula

1638093091-Gula.jpgSumber: Gula pasir (Foto: Freepik//JComp)

Asupan gula harus diperhatikan ketika kamu menerapkan pola eating clean. Karena, jumlah gula yang tinggi akan membuat gula darah dan berat badan naik. Meskipun mengurangi, kamu tetap bisa mengonsumsi gula dengan jumlah sedikit supaya nggak lemas.

4. Atur Jadwal Makan

Agar memiliki tubuh ideal, kamu perlu mengatur pola makan. Dalam melakukan clean eating, makan yang disarankan sebanyak enam kali dalam sehari dengan porsi kecil.  

Tujuannya agar dapat mengurangi rasa lapar, karena ketika sering makan dalam porsi kecil, tubuh akan tetap melakukan proses pencernaan. Jangan lupa, hindari makanan kemasan, makanan beku olahan, fast food dan kurangi jajan.

5. Minum Air Putih

1638092222-Water.jpgSumber: Air putih (ilustrasi: Freepik)

Bukan hanya mengatur pola makan dan memilih makanan yang utuh, ketika melakukan clean eating ini harus memperhatikan asupan cairan dalam tubuh. 

Kamu perlu minum air putih sebanyak 2-3 liter agar tubuh terhindar dari dehidrasi, dan mengurangi jenis minuman lain yang membuat tubuh menjadi gemuk. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait