Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

IoT Creation 2021: Menkominfo Ungkap Agenda Transformasi Digital Nasional

Alwin Jalliyani,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
IoT Creation 2021: Menkominfo Ungkap Agenda Transformasi Digital Nasional
Image: Johnny G. Plate saat menghadiri IoT Creation 2021. (Dok. Urbanasia)

Jakarta – Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan webinar IoT Creation 2021 bertemakan ‘Solution Hunt for Economic Recovery‘ yang digelar secara virtual pada Kamis (30/9/2021).

Acara ini pun dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, CEO Urbanasia Achmad Rouzni Noor II, dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam pemaparannya, Johnny menyinggung aspek-aspek dalam agenda transformasi digital yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

“Indonesia tengah memprioritaskan agenda transformasi digital nasional sesuai dengan arahan bapak presiden pada 3 Agustus 2020. Agenda ini mencakup beberapa aspek, seperti pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, penguatan sumber daya manusia digital, integrasi pusat data nasional, serta penyusunan road map sektor prioritas di bidang digital,” ungkap Johnny.

Jhonny menambahkan bahwa Kominfo telah menyusun road map digital dalam menyukseskan transformasi digital.

“Kominfo menyusun peta jalan digital 2021-2024 sebagai panduan strategis yang akan memandu perjalanan transformasi digital bangsa kita untuk dilaksanakan pada 4 sektor strategis, yaitu sektor infrastruktur digital, sektor pemerintahan digital, sektor ekonomi digital, dan sektor masyarakat digital,” sambungnya.

Dari sudut pandang media, Achmad menilai perlu adanya sinergi antara pelaku industri IoT dengan media dalam sosialisasi produk.

“Perlu kerja sama antara pelaku industri IoT dengan media untuk mengedukasi publik sebenarnya, karena produk yang kalian ciptakan, solusi yang kalian berikan untuk masyarakat akan berdampak luas,” ujar CEO Urbanasia.

Dengan penggunaan IoT yang semakin masif, Achmad membayangkan di masa depan depan berita tidak hanya dapat diakses melalui gawai.

“Mungkin di masa depan dengan adanya IoT ini yang semakin marak, mungkin kita membaca berita tidak hanya buka dari handphone atau dari laptop,  tetapi kita bisa mencet tembok tiba-tiba ada informasi,” jelasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait