Hot News

Jakarta - Hari Kamis, 25 Juni 2020, jamur enoki tiba-tiba ramai diperbincangkan. Penyebabnya karena jamur tersebut mengakibatkan penyakit Listeria di beberapa negara bagian Amerika Serikat.

Listeria/Listeriosis adalah penyakit yang biasanya disebabkan oleh makan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri Listeria monocytogenes. Penyakit ini punya konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, terutama pada golongan rentan, seperti balita, ibu hamil, manula, dan orang yang imunnya lemah.

Situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS melaporkan ada 26 kasus penyakit, 30 rawat inap, dan empat orang meninggal akibat bakteri Listeria monocytogenes. Enam kasus berhubungan dengan kehamilan, dengan dua kasus mengakibatkan kematian janin.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS dan departemen kesehatan pun melakukan penelitian. Hasilnya 12 dari 22 orang mengalami gejala sakit usai mengonsumsi jamur enoki yang berasal dari perusahaan Green Co. LTD asal Korea Selatan.

1593154520-enoki-fda.jpgSumber: Jamur enoki yang dipasok dari perusahaan Green Co. LTD. (FDA)

Sampel jamur lalu dikumpulkan dari tiga perusahaan yang mengimpor jamur enoki dari Green Co. LTD, yaitu Sun Hong Foods, Inc, Guan's Mushroom Co, dan H&C Food Inc. Terbukti sampel jamur mengandung bakteri Listeria monocytogenes.

Pada 9 Maret 2020, Sun Hong Foods, Inc. menarik jamur enoki yang dijualnya dari pasar. Guan's Mushroom Co pada 23 Maret 2020 juga menarik jamur enoki jualannya dari pasar. Dan tanggal 7 April 2020, H&C Food Inc. juga menarik produk jamur enokinya.

Pada 18 Maret 2020, Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan Korea menerbitkan temuan investigasi dan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencegah penyakit di masa depan. 

Mereka menemukan Listeria monocytogenes pada jamur enoki yang diproduksi oleh dua perusahaan di Republik Korea. Pada 9 Juni 2020, CDC menyatakan wabah penyakit Listeria sudah berakhir.

Nah, jadi nggak semua jamur enoki berbahaya, guys. Jamur enoki yang 'bermasalah' adalah produk jamur yang diimpor dari perusahaan Green Co. LTD asal Korea Selatan.

Kalau kamu suka makan jamur enoki, rebus dulu di suhu sekitar 75-100°C. Dan jangan lupa simpannya dipisahkan, jangan digabung dengan makanan lain di kulkas. Soalnya bakteri Listeria monocytogenes tahan hidup di suhu dingin, guys. 

Bakterinya pasti akan mati kalau kamu rebus di air mendidih, tapi selama di kulkas bakteri itu mungkin sudah menyebar ke sayuran atau makanan lain. So, jangan lupa disinfektan kulkas kamu dan jangan langsung makan sayuran yang kamu simpan bareng jamur enoki yang mengandung bakteri Listeria. 


Loading ..