Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Jenis Asuransi dan Dana Investasi yang Wajib Kamu Miliki

Shelly Lisdya,
5 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jenis Asuransi dan Dana Investasi yang Wajib Kamu Miliki
Image: Ilustrasi asuransi. (Freepik/user11472009)

Jakarta - Kehidupan masa depan yang tidak bisa diprediksi memaksa kita mempersiapkan segala hal sedini mungkin, termasuk dalam segi finansial.

Nah, untuk mempersiapkan keadaan finansial di masa yang akan datang, ada banyak pilihan bisa kamu gunakan, misal memanfaatkan asuransi dan berinvestasi.

Asuransi sendiri merupakan produk keuangan yang memiliki tujuan untuk melindungi diri dari risiko keuangan di masa depan, sedangkan investasi adalah kegiatan menanamkan modal berupa dana agar dapat dipergunakan untuk kepentingan ke depannya.

Nah, keduanya sudah mulai banyak diminati di Indonesia. Lalu, jenis asuransi dan investasi dana apa yang wajib dimiliki?

Baca Juga: Mengenal Istilah dalam Asuransi: Polis, Premi, Klaim dan Manfaat

1. Asuransi Kesehatan 

Asuransi kesehatan murni adalah asuransi kesehatan yang berdiri sendiri dan bukan merupakan asuransi tambahan (rider) yang menjadi bagian dari sebuah asuransi jiwa.

Premi dan manfaat dari asuransi kesehatan murni sendiri sepenuhnya berfokus pada asuransi kesehatan, tanpa dibagi dengan premi asuransi jiwa ataupun investasi lainnya.

"Asuransi kesehatan memiliki pilihan perlindungan lebih spesifik dibanding asuransi jiwa dengan perlindungan tambahan, namun dengan harga lebih murah," Konsultan Perencanaan Keuangan, Ila Abdulrahman dalam URWealth, Rabu (13/10/2021).

"Asuransi kesehatan juga bisa menggunakan produk yang ada investasinya sehingga apabila nggak digunakan bisa mengambil manfaat tunai jika ada," lanjutnya.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa memberikan jaminan ketika nasabah meninggal dunia, maka pihak keluarga atau pihak yang berhak akan mendapatkan uang dari asuransi.

"Kemudian dia menikah punya tanggungan atau belum menikah punya tanggungan misalnya beban dia orang tua, mau nggak mau harus mempunyai asuransi jiwa. Karena ada risiko dalam hidupnya, jadi dicover dengan asuransi jiwa. Saya rekomendasikan itu," lanjutnya.

Selain asuransi kesehatan dan jiwa, Ila juga merekomendasikan beberapa investasi dana yang diharapkan agar dapat keuntungan atau return di masa mendatang.

1. Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan salah satu solusi untuk menghadapi masa pensiun di masa tua. Dana pensiun terbaik di Indonesia diselenggarakan untuk merancang program dana pensiun karyawan, baik secara kelompok maupun perorangan. Semakin muda usia untuk ikut dalam kepesertaan asuransi pensiun akan semakin baik.

Tujuan dari memiliki dana pensiun sendiri adalah agar mandiri secara keuangan di masa tua dan menjadi alternatif apabila terjadi apa-apa di masa tua.

"Dari gaji pertama harus sudah mengalokasikan untuk dana pensiun," bebernya.

2. Dana Pernikahan

Ila juga merekomendasikan dana pernikahan, yang terdiri dari biaya sebelum menikah hingga tabungan sekolah anak. 

"Kemudian dana pernikahan, ini sangat penting buat ke depannya, mulai biaya pernikahan sampai nanti memiliki anak sudah dipikirkan pendidikannya," jelasnya.

"Terakhir, kalau muslim dana kesehatan, asuransi jiwa kalau menanggung kemudian dana haji yang ditutup dengan wakafnya," tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait