beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Jual Kaos Berdesain Parodi Gucci, Brand Fashion 'CUGGL' Asal Jepang Viral

Fitri Nursaniyah,
11 November 2022 13.08.43 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jual Kaos Berdesain Parodi Gucci, Brand Fashion 'CUGGL' Asal Jepang Viral
Image: Kaos CUGGL produksi brand fashion asal Jepang. (Twitter/@howtodresvvell)

Jakarta - Brand fashion Jepang 'CUGGL' mendadak jadi sorotan di media sosial usai memenangkan gugatan atas Gucci, rumah mode kelas atas asal Italia.

Merek ini mendesain kaos putih bertuliskan 'CUGGL' yang dicoret tinta pink seharga US$12-25 atau sekitar Rp 185 hingga 386 ribu. Font tulisan mirip dengan Gucci sehingga dengan desain demikian, orang mungkin salah sangka bahwa baju yang dijual brand fashion ini adalah Gucci.

Desain brand ini turut disorot di Indonesia hingga viral usai seorang netizen mengunggah penampakan foto kaos berdesain parodi 'GUCCI' tersebut di Twitter.

"Di Jepang ada orang bikin brand namanya CUGGL, trus jualan kaos yg seakan2 logo GUCCI dicoret. Gucci nyoba ngegugat tapi gagal," tulis akun @howtodressvve**.

Menurut laporan Financial Times sebagaimana dikutip dari dexerto, Jumat (11/11/2022), 'CUGGL' adalah brand fashion Jepang yang berbasis di Osaka. Brand ini dimiliki oleh Nobuaki Kurokawa dan dikenal sebagai brand yang kerap memparodikan merek mode kelas atas.

Sebelum menjual kaos berdesain parodi Gucci, brand ini sudah memparodikan merek lain seperti PUMA hingga BALENCIAGA.

Kurokawa mendaftarkan merek dagang 'CUGGL' untuk parodikan Gucci dan merek dagang 'GUANFI' untuk parodikan Chanel pada Oktober 2022.

Namun, Gucci baru mengetahui hal itu setelah mereka menggugat 'CUGGL' karena dianggap menunggangi reputasi merek mereka. 'CUGGL' dianggap Gucci terlalu identik dan mirip dengan merek dagangnya yang sudah terkenal di luar negeri termasuk di Jepang.

Melihat merek dagang 'CUGGL' sudah resmi didaftarkan, Kantor Paten Jepang pun menolak gugatan Gucci. Pihaknya mengatakan bahwa tidak ada kemiripan dari sudut pandang visual, fonetik, dan kemiripan antara Gucci dan 'CUGGL'.

"Ditemukan ada tingkat kesamaan yang rendah antara logo, hal ini tidak akan membingungkan konsumen," demikian pernyataan Dewan Kantor Paten Jepang.

Kasus ini sebelumnya sempat viral di antara netizen luar negeri. Banyak orang justru memuji kreativitas Nobuaki Kurokawa yang memparodikan banyak produk mode kelas atas.

"Ini adalah troll terbesar. Ini jenius, tolong haha," komentar seorang netizen.

"Astaga, ini pintar," komentar netizen lain.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait