Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Jumlah Pemain dan Sejarah Singkat Bola Voli

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jumlah Pemain dan Sejarah Singkat Bola Voli
Image: Pemain voli. (Pixabay/KeithJJ)

Jakarta - Ketika ingin bermain bola voli, harus mengetahui berapa jumlah pemain bola voli. Permainan yang satu ini awalnya dikenal dengan Mintonette. Lalu, berapa jumlah pemain bola voli?

Kali ini, Urbanasia akan membagikan informasi seputar bola voli dari berbagai sumber, sebagai berikut.

Sejarah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli ini pertama kali dibuat tahun 1895 oleh Willam C. Morgan. Ia merupakan seorang Direktur Pendidikan Jasmani Organisasi Young Man Christian Assosiation (YMCA) di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Permainan bola voli ini awalnya dikenal sebagai Mintonette. Kemudian, pada tahun 1896, Alfred T. Halstead mengubahnya menjadi voli dikarenakan sesuai dengan ciri khas dari permainan bola voli, yakni bola tetap melambung dan juga tidak boleh sampai menyentuh tanah ketika berlangsungnya permainan (volley).

Sementara itu, permainan bola voli juga merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Bola voli ini mempunyai sebuah induk organisasi yang bernama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang diketuai Imam Soedjarwo (2018-2022).

Jumlah Pemain Bola Voli

Dalam bermain voli, membutuhkan 6 orang dalam satu tim. Terkait posisinya berbeda-beda, mulai dari tiga pemain dekat net, dan pemain sisanya terdapat pada belakang garis serang. 

Berikut ini merupakan posisi pemain bola voli dibedakan atas, sebagai berikut:

1. Tosser/setter merupakan pemain yang memiliki tugas untuk mengumpankan bola bagi teman satu tim dalam mengatur jalannya permainan

2. Smasher/spiker merupakan pemain yang memiliki tugas untuk memukul bola agar bisa jatuh pada wilayah pertahanan lawan.

3. Libero yang bebas untuk melakukan keluar dan masuk, naum tidak dapat  melakukan smash.

4. Defender ini merupakan pemain yang bertahan dalam menerima serangan dari lawan.

Nah, itu dia informasi yang dapat Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait