Surabaya - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur untuk pertama kalinya menggelar pameran khusus produk buatan Indonesia, Indonesian Product Expo (INAPRO) di tahun 2020. Pameran yang berlangsung pada 19 - 22 November 2020 ini akan digelar secara hybrid loh.

Yap, Inapro Expo 2020 hadir dalam pameran online dan offline guys. Untuk pameran offline, Inapro Expo berlangsung di Grand City Mall Surabaya. Sementara pameran online digelar lewat website produklokal.com.

Adik Dwi Putranto, Kepala Kadin Jatim mengatakan mengatakan kehadiran pameran ini untuk mendukung gerakan nasional 'Bangga Buatan Indonesia' yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 lalu.

"Pameran ini juga diharapkan bisa memberikan dampak sentimen positif dalam rangka memperkuat ekonomi domestik serta mendorong konsumsi masyarakat, khususnya terhadap produk-produk lokal," kata Adik dalam pembukaan Inapro Expo 2020 di Grand City Mall Surabaya, Kamis (19/11/2020).

Adik menyebut ada 133 stan yang melibatkan lebih dari 200 pelaku UKM maupun IKM unggulan di Jatim pada pameran kali ini. Mereka terbagi dalam kategori fesyen, mebel, otomotif, agrikultur, hingga makanan dan minuman. 

"Kami berharap Inapro 2020 menjadi langkah awal dalam memulai pemulihan ekonomi nasional, khususnya di Jatim. Kami juga berharap ini bisa terlaksana di tahun-tahun berikutnya," pungkasnya.

Baca Juga: Xiaomi Gelar Pameran Foto Virtual Bidikan Redmi Note 9

1605797489-inapro-expo-2020.jpegSumber: Inapro Expo 2020 digelar di Grand City Mall Surabaya pada 19 - 22 November 2020 (Nivita Saldyni/Urbanasia)

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengaku optimis bahwa acara kali ini bisa menjadi kekuatan untuk pemulihan ekonomi di Jatim.

"Semua ini (pameran online dan offline) akan menjadi satu kesatuan, kekuatan kita untuk bangkit. Ayo bangkit dan sampaikan pesan bahwa insyaAllah kita bisa, insyaAllah kita mampu, dan insyaAllah kita sukses," pesan Khofifah. 

Acara ini pun mendapat sambutan baik dari Kadin Indonesia dan juga Kementerian Perdagangan Indonesia. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat pun berharap pameran ini bisa menjadi wahana peningkatan ekspor, khususnya di Jatim.

"Kami berharap Inapro Expo 2020 ini bukan hanya forum untuk meningkatkan kinerja ekspor, tapi juga dapat mengembangkan produk-produk substitusi lokal untuk menggantikan produk-produk impor," kata Erik

Untuk Urbanreaders ketahui, selain pameran produk lokal, Inapro Expo 2020 juga menawarkan berbagai kegiatan menarik lainnya. Mulai dari Kadin Travel Mart, Gardena Line Dance, Inapro Fashion Show, hingga Online Solution Seminar. 

Pameran offline Inapro Expo 2020 akan dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB. Namun sebelum datang, pastikan kamu sudah mendaftarkan diri di produklokal.comya. Sebab Inapro Expo 2020 digelar dengan konsep new normal, di mana standar protokol kesehatan diterapkan secara ketat.

Jadi tunggu apa lagi? Catat tanggalnya dan jangan sampai kelewatan ya! 

Komentar
paper plane