Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Karyawan Ungkap Nggak Bisa Kerja saat Facebook Down 6 Jam

Nivita Saldyni,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Karyawan Ungkap Nggak Bisa Kerja saat Facebook Down 6 Jam
Image: Ilustrasi Facebook. (Pixabay)

Jakarta - Facebook, Instagram, dan WhatsApp sempat down sejak Senin (4/10/2021) malam. Gangguan yang terjadi selama enam jam ini ternyata bukan hanya berdampak pada lebih dari 3 miliar pengguna, tapi juga karyawan dari perusahaan itu, guys.

Melansir Fox Business, seorang karyawan Facebook mengungkap pemadaman ini telah membuat sistem internal mereka terganggu. Mereka tak bisa melacak informasi ataupun mengakses fitur obrolan internal perusahaan selama pemadaman berlangsung.

Beberapa karyawan juga mengeluh tak bisa melakukan panggilan di ponsel yang mereka gunakan untuk kerja. Mereka juga tak bisa menerima email dari alamat di luar perusahaan.

Sumber itu juga mengatakan karyawan, termasuk mereka di bagian teknisi yang ditugaskan membantu menyelesaikan masalah layanan tak bisa masuk kantor untuk mengatasi masalah itu karena akses untuk masuk yang tak bisa terdeteksi dengan baik.

Masalah ini, kata sumber tersebut, adalah pemadaman terburuk yang terjadi di perusahaan tersebut sejak 2008 silam.

Menurut laporan CNBC, pemadaman itu terjadi satu hari setelah mantan manager produk di tim integritas sipili Facebook, Frances Hague mengungkapkan dirinya sebagai pelapor di balik berbagai dokumen internal yang ditulis The Wall Street Journal dalam laporan ‘The Facebook Files’. Laporan itu sendiri berisi tentang kekurangan-kekurangan perusahaan yang tak jarang menyebabkan kerugian.

Seperti yang Urbanasia beritakan sebelumnya, Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer menyebut bahwa pihaknya mengalami masalah jaringan. Ia pun meminta maaf kepada pengguna aplikasi-aplikasi tersebut lewat akun Twitter pribadinya, Selasa (5/10/2021).

“Permintaan maaf yang tulus kepada semua orang yang terdampak akibat terhentinya layanan Facebook saat ini. Kami mengalami masalah jaringan dan tim bekerja secepat mungkin untuk memulihkannya,” cuitnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait