Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Kenapa Air Liur Bisa Bikin Gi Hoon Lolos Tantangan Sugar Honeycombs Squid Game?

Okke Oscar,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenapa Air Liur Bisa Bikin Gi Hoon Lolos Tantangan Sugar Honeycombs Squid Game?
Image: Permen dalgona dalam drama 'Squid Game' (Instagram @netflixkr)

Jakarta - Salah satu permainan paling disoroti dan ikonik di Squid Game adalah sugar honeycombs. Dalam permainan ini, peserta masing-masing harus memilih satu bentuk atau pola yang sudah disediakan kemudian mereka akan mendapatkan permen dalgona dengan pola yang mereka pilih. 

Mereka juga akan mendapatkan satu jarum kecil untuk menusuk-nusuk pinggiran cetakan permen dalgona tersebut hingga berbentuk pola dan mereka harus ekstra hati-hati agar potongan tersebut tidak patah. Di dalam Squid Game, pemain yang mematahkan permen dalgona akan langsung ditembak oleh pasukan berpakaian merah yang berjaga.

Karena waktu yang tersedia tidak lagi cukup, maka Gi Hoon (Lee Jung-jae) punya cara sendiri yaitu menjilat permen dengan ludahnya sehingga permennya cair dan mudah terpotong membentuk pola. Ternyata ada penjelasan sainsnya mengenai game ini, loh.

Jadi, mengutip EDUON.ID, dalam saliva (air liur) itu terdapat enzim amilase. Nah, enzim amilase ini memiliki tujuan untuk memecah karbohidrat polisakarida menjadi disakarida atau monosakarida. 

Dalam hal ini, gulali/dalgona candy dalam Squid Game memiliki karbohidrat kompleks. Sehingga kita dapat mencairkan gulali dengan menggunakan saliva (air liur). Karena saliva dapat memecah karbohidrat (gula) kompleks menjadi karbohidrat yang lebih sederhana. Itulah kenapa Gi Hoon bisa mencairkan gulali dengan air ludahnya. 

Berarti, Gi Hoon cukup cerdas untuk melewati tantangan ini ya, guys? 

Semua ini dijelaskan di pelajaran Kimia, kamu bisa belajar kimia dengan mendaftarkan diri kamu di www.eduon.id

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait