Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Trik Lolos Glass Stepping Stone di Squid Game Ada di Ilmu Fisika Loh

Okke Oscar,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Trik Lolos Glass Stepping Stone di Squid Game Ada di Ilmu Fisika Loh
Image: Stepping stone di Squid Game. Sumber: Netflix Korea

Jakarta - Guys, sudah pada nonton Squid Game kan? Jadi, dalam salah satu adegan di series tersebut, terdapat sebuah game di mana peserta diharuskan menyebrangi jembatan kotak berbahan kaca. Kalau di Indonesia permainan ini mirip seperti engklek.

Jadi, pemain harus menggambarkan kotak-kotak, lalu melangkah melewati kotak tersebut. Namun bedanya, dalam stepping stone Squid Game, mereka harus menebak kaca yang tepat untuk mereka injak hanya dengan melihatnya.

Di jajaran kaca-kaca itu terdapat kaca mudah pecah dan ada yang kuat. Jika pemain salah pilih dan menginjak kaca yang mudah pecah, ia akan jatuh dari ketinggian tersebut dan gugur. Tapi ternyata, ada cara membedakan mana kaca yang tipis dan mana kaca yang tebal. Dan kalau kamu ingat, hal ini pernah dibahas di pelajaran fisika. Hayo, inget nggak?

Caranya cukup mudah. Kamu tinggal menjatuhkan benda misalkan kelereng ke kaca tersebut, kemudian dengarkan bunyi yang dihasilkan.

Dilansir EDUON.ID, gelombang bunyi merupakan gelombang yang ditimbulkan oleh benda yang bergetar. Untuk menggetarkan suatu benda dibutuhkan gangguan berupa gaya. Semakin tebal suatu benda maka gaya yang diperlukan untuk menggetarkan seluruh partikel akan semakin besar.

Kemudian, kita perlu mengingat bahwa kuat lemahnya bunyi dipengaruhi oleh amplitudo dari partikel penyusun benda yang bergetar. Ketika kita menjatuhkan benda yang sama pada kaca, gaya yang diterima kaca tebal dan tipis besarnya sama. Gaya ini akan menggetarkan partikel-partikel penyusun kaca sehingga menghasilkan bunyi.

Kaca tipis akan menghasilkan bunyi yang lebih kuat/keras karena gaya mampu menggetarkan seluruh partikel penyusun kaca dengan amplitudo getaran yang besar. Sedangkan untuk kaca tebal akan menghasilkan suara yang lemah karena tidak semua partikel ikut bergetar dan amplitudo partikel yang bergetar kecil.

Kuncinya, kamu harus benar-benar teliti memperhatikan kaca mana yang tebal dan mana yang tipis. Pada saat kamu menjatuhkan benda di atas kaca, dengarkan baik-baik bunyi yang dihasilkan. Kaca yang tipis akan menghasilkan bunyi yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kaca tebal yang menghasilkan bunyi yang lebih lemah. Nah sekarang sudah tahu dong. Jadi, siap ikutan Squid Game nggak nih? 

By the way, belajar sciene itu seru kan? Belajar yang lainnya yuk di www.eduon.id

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait