Jakarta - Akhir-akhir ini, Soju menjadi minuman beralkohol yang populer di dunia. Soju sendiri merupakan minuman suling tradisional Korea yang terbuat dari beras atau gandum dan hanya mengandung 16 sampai 58 persen kadar alkohol.

Soju berasal dari kerajaan Goryeo abad ke-13, yang menempati sebagian dari semenanjung Korea. Ya, minuman alkohol asal Korea Selatan ini bahkan sudah diekspor hingga ke 80 negara di penjuru dunia. 

Lantas, apa aja sih fakta-fakta menarik tentang Soju?

1. Minuman Paling Populer

Sesuai laporan, pada tahun 2016 Drinks International menunjuk soju sebagai minuman paling populer di dunia, dengan Jinro soju juga menjadi merek minuman beralkohol nomor 1 di dunia dengan penjualan 73,9 juta kemasan 9 liter.

Ini bukan hanya untuk beberapa tahun terakhir, tetapi Jinro soju telah menjadi salah satu minuman terlaris di dunia selama hampir lebih dari satu dekade.

Orang mengira bahwa minuman alkohol paling populer dari Barat adalah anggur atau vodka, padahal itu adalah soju.  

Pada tahun 2004 sendiri, lebih dari tiga miliar botol soju dikonsumsi di Korea Selatan saja. Sementara laporan lain dari 2014 menyatakan rata-rata per minggu yang dikonsumsi orang Korea Selatan jauh lebih tinggi yaitu 13,7, sementara Rusia berada di urutan kedua dengan 6,3.

2. Harga Murah

1606116610-soju-3.jpgSumber: Ilustrasi soju (Pixabay)

Soju bukan hanya dinikmati untuk kalangan orang kaya, tetapi bahkan di bagian ekonomi yang lebih lemah.

Semua orang menyukai soju, terutama karena ini adalah minuman yang murah dan mudah didapat di negara mereka.  Minuman beralkohol ini dihargai antara 1.500 hingga 4.500 won Korea yang setara dengan 1 hingga 4 USD.  

Sedangkan di Indonesia, soju dibandrol dengan harga mulai Rp 40 ribu saja.

3. Tak Mudah Mabuk

Alasan lain untuk popularitasnya bisa jadi karena minuman ini beraroma, namun kandungan alkoholnya tidak terlalu tinggi. Di mana vodka memiliki sekitar 40-50 persen kandungan alkohol, soju berada pada 16-45 persen yang jauh lebih rendah.

Namun Andong Soju adalah sejenis soju yang memiliki kadar alkohol sangat kuat, dengan volume 40-45 persen.  Orang Korea biasanya menyimpan soju untuk diberikan sebagai hadiah saat liburan besar atau acara keluarga.  

Menariknya, proses untuk membuatnya tetap seperti proses penyulingan yang berusia 700 tahun tanpa bahan kimia modern yang ditambahkan.

Soju umumnya memiliki rasa yang ringan dan berair, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang tidak ingin minum minuman keras dan mabuk.

 4. Dipopulerkan Psy

1606116862-soju-4.jpgSumber: Ilustrasi soju(swirled.com)

Penjualan soju di Amerika dipopulerkan oleh superstar Korea Psy. 

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Terkenal dari Film dan Anime

Baliho 'K-Pop K-Shot' bermunculan di seluruh Amerika, menampilkan Psy memegang sebotol Chamisul soju (tersedia melalui Beers of Europe).  

Outlet soju perintis di arena bisbol LA Dodgers menjual persediaannya setelah tiga pertandingan. Sementara di New York, bar menjajakan minuman beralkohol soju apel dan leci soju cair hingga hipster Big Apple.  

Komentar
paper plane