menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Kiat Seorang Ibu Bisa Sukses dalam Berkarir dan Bisnis

Dyta Nabilah,
4 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kiat Seorang Ibu Bisa Sukses dalam Berkarir dan Bisnis
Image: Okky Asokawati di The Power of Emak-Emak (Urbanasia/Dyta Nabilah)

Jakarta - Menjadi seorang ibu tentunya anugerah yang luar biasa. Para wanita harus bisa mengetahui perannya masing-masing dalam menjalani kehidupan. Untuk ibu yang berkarir, kemampuan manajemen waktu wajib dimiliki.

Hari kedua webinar ‘The Power Of Emak-Emak: Wanita Berdaya, Keuangan Terjaga, Keluarga Sejahtera’ membahas hal tersebut. Selain itu, Finansialku juga memberi wadah untuk wanita yang ingin tahu tentang cara berbisnis. 

Pembicara kali ini ialah Sean Richard (Founder Travel Buddies), dr Putri Sakti (Spesialis Gizi Klinik), Desi Indarti (Founder Warna Warni), Okky Asokawati (Founder Okky&Walla Modelling School), Farida Achmad (Founder Absolute EO), dan Lina Kartika (Founder Bakmi Siantar Lina).

Bagi Waktu Sebagai Ibu yang Berkarir

Okky Asokawati berbagi pandangan dan pengalamannya selama menjadi seorang ibu yang berkarir Ia menilai manajemen waktu itu penting agar jangan hidup untuk bekerja atau di rumah saja.

“Manusia itu kan memang punya peran macam-macam ya. Ada sebagai ibu, sebagai anak, sebagai tetangga, sebagai lady boss mungkin. Nah, berkotak-kotaklah untuk kegiatan kita,” ungkap Okky saat webinar.

Menurutnya, seorang wanita harus memiliki tujuan ketika berperan sebagai ibu, istri, atau di pekerjaan. Karena hal ini menjadi panduan bagaimana harus berperilaku. 

Okky mengakui multiperan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, yang terpenting, para ibu haruslah melakukan segala hal dengan bahagia.

“Love what you do, and do what you love,” kata mantan model yang kini juga menjabat sebagai politisi.

Hal penting lainnya, ibu yang berkarir harus memiliki komitmen yang kuat terhadap pekerjaannya. Sehingga tidak mudah terdistraksi dengan hal-hal yang bukan prioritas saat itu. Lebih baik, perbanyak gali kemampuan diri supaya mendapat prestasi.

“Kalau memang betul emak-emak ini punya power, milikilah tujuan yang jelas dalam setiap aktivitas, komitmen, fokus, dan berikan energi jangan kurang dari 1%,” saran Okky untuk para wanita.

Tak hanya Okky yang membagi tips berkarirnya pada ‘The Power of Emak-Emak’, Farida Achmad pun juga memberi ilmu yang ia punya untuk wanita agar sukses dalam berbisnis dan rumah tangga.

1620139942-FARIDA-ACHMAD.pngSumber: Farida Achmad Bagi Tips Bisnis (Urbanasia/Dyta Nabilah)

Untuk memulai bisnis harus mengetahui dulu apa yang disuka lalu pelajari lebih dalam. Setelah itu, cari tahapan-tahapan membangun bisnis tersebut seperti konsep, eksekusi, target pasar, dan promosinya.

Sebelum Bisnis, Harus Punya Rencana

“Tahapan-tahapan itu bisa kita lewati setelah kita dapat yang mau kita ikuti, kita terjun. Jangan sampai asal ikut tren, asal ikut hits,” jelas wanita yang dijuluki ‘ibu cantik rock and roll’ ini.

Selain internal, faktor eksternal seperti lingkungan juga sangat berpengaruh. Sehingga, bisa mendapatkan ilmu baru dari orang-orang yang memang punya pengalaman. Mereka juga bisa dukung bisnis agar lebih maju.

“Karena mengelola bisnis itu kan nggak cuma kita punya potensi, tapi kita harus tau how to manage-nya. Baik manajemennya, time management-nya, uangnya, perkembangan bisnisnya kan itu harus semua dipelajari,” kata Farida.

Menurutnya, cara melihat minat terhadap sesuatu pun sangat mudah. Ketika melakukan kegiatan, meski secapek apapun hati tetap senang dan ketagihan. Walaupun gagal, tidak merasa jatuh paling parah, tapi evaluasi.

Hal utama lainnya, untuk menuju kesuksesan tentunya perlu restu dari suami dan anak. Lalu, harus punya strategi untuk terus berubah ke arah yang lebih baik. Farida menilai bahwa jangan berhenti di titik itu saja.

“Kalau ingin berhasil, memang kadang-kadang nggak sekali coba. Mesti dua kali coba, tiga kali coba. Ketika gagal, cukup satu hari dua hari nangis. Terus bangun lagi, mikir lagi, coba lagi yang lain,” seru Farida memotivasi para wanita.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait