beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Kiat Sukses Wawancara Kerja Buat Kamu yang Pemalu

William Ciputra,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kiat Sukses Wawancara Kerja Buat Kamu yang Pemalu
Image: Ilustrasi wawancara kerja. (Freepik)

Jakarta - Tahap wawancara merupakan tahapan yang krusial untuk para pelamar kerja. Tahapan ini sering menjadi penentu bagi kamu dapat diterima di dalam sebuah perusahaan atau sebaliknya. 

Untuk melewati tahap wawancara ini, penting bagi kamu untuk menguasai skil public speaking. Skil yang satu ini cukup ampuh untuk membekali kamu ketika masuk tahapan wawancara. Persiapan yang cukup ditambah public speaking dapat memudahkan kamu untuk melewati tahapan wawancara.

Tapi beda cerita jika yang harus melalui tahap wawancara ini adalah sosok pemalu. Mereka akan kesulitan untuk percaya diri baik saat berbicara maupun berkomunikasi. 

Nah bagi kamu yang pemalu, nggak usah khawatir, ya. Pasalnya, Senior Associate Culture Measurement and Program Development MIND ID & Content Creator, Vina A Muliana akan berbagi kiat sukses wawancara kerja bagi kalian loh!

Vina menjelaskan, ada tiga rumus yang harus disiapkan bagi kamu yang pemalu dalam wawancara kerja. Tiga rumus itu adalah Tanya, Puji, dan Reaksi. 

Terkait rumus Tanya, Vina menjelaskan bahwa kamu bisa menanyakan kembali saat HRD mengajukan pertanyaan. Hal ini, kata Vina, akan membuat percakapan lebih open-ended dengan pewawancara. 

“Hal ini juga bisa meningkatkan interaksi saat sesi wawancara,” katanya dalam keterangan yang diterima Urbanasia, Senin (4/7/2022). 

Sedangkan rumus Puji, kamu bisa sesekali menyebutkan nama pewawancara saat memberikan jawaban sehingga tercipta unsur pujian dan kedekatan dengan pewawancara. Alhasil chemistry antara kedua belah pihak bisa terbangun dengan baik.

Rumus terakhir adalah Reaksi. Ini wajib digunakan, apalagi pada kesempatan si pewawancara melempar balik ke si pelamar untuk bertanya. 

Pastikan gunakan kesempatan setelah wawancara untuk bertanya dan memberikan reaksi atas apa yang sudah didiskusikan sebelumnya.

Setelah menguasai tiga rumus tersebut, Vina juga membagikan beberapa trik yang bisa dilakukan saat sesi wawancara. Tips dan trik ini antara lain berusaha lebih tenang, menghindari tatapan mata secara langsung, hingga memperbanyak baca buku untuk menambah perbendaharaan kata. 

Nah Urbanreaders yang ingin belajar public speaking lebih lanjut dengan Vina A Muliana bisa ikut nih di acara Young On Top National Conference (YOTNC) 2022. 

Vina A Muliana tercatat sebagai satu dari 16 pembicara dalam event terbesar Young On Top loh, Urbanreaders. Dalam acara ini kalian akan dapat sejuta inspirasi, tips and trik, manfaat dan networking.

YOTNC 2022 akan berlangsung pada tanggal 23 Juli 2022 di Kota Kasablanka, Kasablanka Hall Lantai 3, Jakarta Selatan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait