Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kominfo Pastikan Migrasi TV Digital Mulai April 2022

Shinta Galih,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kominfo Pastikan Migrasi TV Digital Mulai April 2022
Image: Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo. (Kominfo)

Jakarta - Kementerian Kominfo akan terus melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi sesuai dengan perencanaan dalam Roadmap Indonesia Digital. Pada tahun 2022, Kementerian Kominfo fokus menyelesaikan pembangunan di lapisan backbone hingga last mile.

“Di lapisan backbone mengoptimalkan utilisasi jaringan kabel serat optik Palapa Ring melalui penggelaran ekstensi Palapa Ring Integrasi sepanjang 12.083 KM,” ujar Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo.

Sementara pada lapisan middle-mile, Kementerian Kominfo akan melakukan penambahan kapasitas satelit dan pembangunan gateway.

“Dan untuk lapisan last mile menyelesaikan pembangunan BTS bersama operator seluler untuk memastikan jangkauan konektivitas 4G di 12.548 desa/kelurahan yang belum terjangkau sinyal 4G,” papar Jubir Kementerian Kominfo.

Program lain yang telah dilakukan sepanjang tahun 2021 adalah farming dan refarming spektrum frekuensi radio, baik untuk optimalisasi kualitas layanan jaringan 4G, pengembangan jaringan 5G, serta untuk menjalankan program migrasi siaran TV digital.

“Selain itu, penataan spektrum frekuensi radio juga dilakukan untuk memfasilitasi program Analog Switch Off (ASO) atau digitalisasi TV. ASO akan diberlakukan dalam tiga tahap, yakni tahap I pada 30 April 2022, tahap II 25 Agustus 2022, dan tahap III 2 November 2022. Dengan demikian, Indonesia akan segera menyambut era baru siaran TV digital,” papar Dedy Permadi.

Dalam penyelesaian program ASO, saat inj Kementerian Kominfo mendorong komitmen penyelenggara layanan multipleksing untuk berkontribusi dalam penyediaan set top box (STB) gratis kepada rumah tangga miskin secara mencukupi.

“Kementerian Kominfo terus mendorong agar komitmen penyelenggara multipleksing dapat memenuhi kebutuhan STB tersebut,” pungkas Dedy.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait