Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

Mengenal Istilah Top, Middle, dan Base Notes dalam Parfum

Kintan Lestari,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Istilah Top, Middle, dan Base Notes dalam Parfum
Image: Produk parfum (Unsplash/Vanesa Conunaese)

Jakarta - Parfum jadi produk kecantikan yang dipakai sehari-hari. Parfum pun hadir dalam banyak jenis, di antaranya eau de parfum atau eau de toilette.

Saat membeli parfum, coba kamu perhatikan deh detailnya. Di deskripsi parfum pasti tertulis informasi seputar top notes, middle notes, dan base notes. Apa sih itu?

Top Notes

Melansir perfume.org, top notes, atau sering juga disebut opening notes atau head notes, adalah aroma parfum yang paling awal tercium. Molekul top notes ringan sehingga aromanya juga cepat memudar.

Top notes ini mewakili kesan pertama seseorang terhadap sebuah parfum. Aroma ini yang jadi penentu apakah kamu tertarik dengan parfumnya atau tidak. Aroma umum dalam top notes biasanya wangi citrus (lemon, orange, bergamot), buah-buahan (grapefruit, buah beri) dan rempah-rempahan (clary sage, lavender).

Middle Notes

Aroma middle notes adalah aroma yang muncul setelah wangi top notes menghilang. Middle notes juga dianggap sebagai jantung wewangian sehingga sering juga disebut heart notes. Wangi tahap ini lebih bertahan lama dibanding top notes.

Middle notes umumnya sering merupakan kombinasi halus dari tone bunga, buah, atau rempah. Wangi middle notes yang umum di antaranya geranium, mawar, serai, kenanga, lavender, ketumbar, pala, neroli dan melati.

Base Notes

Base notes adalah wewangian terakhir yang tercium dan bertahan paling lama di kulit. Base notes berbaur dengan middle notes untuk menciptakan seluruh aroma. Aroma dasar wewangian ini yang paling umum di antaranya kayu cedar, kayu cendana, vanila, amber, nilam, oakmoss dan musk.

Itu dia penjelasan seputar top notes, middle notes, dan base notes, Urbanreaders. Tanpa kombinasi tiga tingkatan aroma itu, wangi parfum tidak akan menarik. Ketiganya ketika dicampur bersama menciptakan keserasian wangi parfum.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait