Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Mengenal Kripto Shiba Inu dan Anjing yang Jadi Maskotnya

Griska Laras,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Kripto Shiba Inu dan Anjing yang Jadi Maskotnya
Image: Shiba Inu, anjing ras Jepang paling populer/Know Your Meme

Jakarta - Elon Musk lagi-lagi membuat harga mata uang kripto meroket berkat cuitannya di Twitter. Setelah Bitcoin dan Dogecoin, kini bos Tesla dan Space X itu mendongkrak harga mata uang kripto Shiba Inu (SHIB).

Harga koin Shiba Inu dilaporkan melonjak hingga 55 persen ke level US$ 0,00001312 atau Rp (0,1869) dalam 24 jam terakhir.

Lonjakan itu terjadi usai Musk memposting foto anjingnya di Twitter dengan keterangan 'Floki Frunkpuppy'. Anjing Elon Musk merupakan keturunan ras anjing Shiba Inu yang paling populer di Jepang.

Elon Musk sebenarnya tidak menyinggung soal keberadaan mata uang kripto Shiba Inu. Tapi koin itu punya logo anjing yang sama persis dengan Floki sehingga harga koin SHIB pin melejit.

Tiruan Dogecoin

Mata uang Shiba Inu pertama kali dibuat pada Agustus 2020 oleh seseorang dengan nama samaran Ryoshi.

Sejak awal, Ryoshi memperkenalkan shiba inu sebagai lelucon dengan julukan 'Dogecoin Killer' dengan logo yang mirip dengan Dogecoin.

Bedanya, teknologi SHIB cenderung digerakkan oleh komunitas. Ryoshi juga mengatakan bahwa nilai dari shiba inu jauh lebih kecil ketimbag dogecoin.

Legitimasi Shiba Inu Masih Dipertanyakan

Meski popularitas sedang meroket, masih sedikit informasi tentang SHIB, baik dari kegunaan dan maupun fundamentalnya sendiri. Ini berarti risiko yang melingkupi token Shiba Inu cukup tinggi.

Shiba Inu - Anjing Populer di Jepang

Shiba inu dan Dogecoin sama-sama memiliki logo seekor anjing dengan ras shiba inu. Anjing ini merupakan salah satu dari enam anjing ras populer di Jepang yang sudah ada sejak zaman kuno.

Melansir American Kennel Club, menyebutkan bahwa shiba inu menghuni jepang sejak 14.500 SM sampai 300 M di daerah Jimon-ji. 

Anjing ini diperkirakan berasal dari hasil kawin silang antara anjing orang-orang Jimon-ji dan anjing luar Jepang yang dibawa oleh imigran.

Jika dilihat sekilas, perawakan anjing shiba inu mirip dengan seekor rubah dengan bulu keemasan. Postur badannya sedang dengan bulu-bulu lebat dan panjang.

Shiba Inu punya karakteristik yang menawan, percaya diri, dan tak kenal takut. Anjing ini banyak dijadikan peliharaan karena kepribadiannya yang setia dan siaga.

Meski sekarang lebih populer sebagai anjing peliharaan, anjing shiba inu dulunya adalah anjing pemburu. Postur tubuh mereka yang tidak terlalu besar membuat mereka leluasa menembus semak belukar dengan mudah. Hal ini pula yang membuat mereka mampu bertahan selama ribuan tahun di daerah pegunungan Jepang.

Perawakan shiba inu yang lucu dan menggemaskan membuat anjing ini populer. Anjing shiba inu viral di internet setelah dijadikan meme pada 2013.

Laman situs Know Your Meme menyebut, awal mula meme ini berasal dari foto-foto lucu anjing shiba inu bernama Kabosu milik Atsuko Sato di Jepang. Foto-foto lucu Kabosu diunggah lewat log pribadi Atsuko dan menjadi sangat populer. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait