Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Mengupas Misteri Jenglot Seperti yang Ditemukan di Pantai Kunjir

Anisa Kurniasih,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengupas Misteri Jenglot Seperti yang Ditemukan di Pantai Kunjir
Image: Penemuan benda diduga jenglot di Pantai Kunjir, Lampung (Tiktok @alfaa_boy)

Jakarta - Media sosial TikTok dihebohkan dengan munculnya sebuah video soal penemuan benda menyeramkan di pantai Kunjir, Kalianda, Lampung yang diduga jenglot.

Dalam video yang diunggah oleh akun Tiktok @alfaa_boy, Rabu (25/11/2021) tampak seorang pria memegang sebuah benda yang ia sebut jenglot.

Mulanya, pria itu sedang membersihkan sampah di pantai dalam rangka pengabdian masyarakat. Ia terlihat kaget saat melihat benda terbungkus kain putih yang berisi benda tersebut.

"Gue berangkat dari Bandar Lampung ke pantai kunjir tengah malam dan berniat untuk pengabdian masyarakat membangun tempat sampah dan membersihkan pantai sekitar, namun tanpa disengaja saya menemukan sosok jenglot ini," tulis pria itu dalam videonya, dikutip Kamis, (25/11/2021).

Dalam dunia perdukunan, praktisi supranatural Ki Geni Seketi menjelaskan bahwa jenglot merupakan makhluk yang menyerupai manusia dengan ukuran sangat kecil yakni 10-15 cm. Namun, dilihat dari penampilannya, jenglot sendiri memiliki bentuk kepala seperti tengkorak, bertaring, berkulit kasar dan kusam serta mempunyai rambut dan kuku yang panjang.

“Bentuk mereka (jenglot) ini berbeda-beda, mulai dari manusia setengah ular, lalu wujud yang terbaring hingga ada juga yang dalam posisi bertapa,” ungkap Ki Geni saat dihubungi Urbanasia, Kamis (25/11/2021).

Ki Geni melanjutkan, jenglot sendiri memiliki beragam kisah yang berbeda-beda loh Urbanreaders. Ada yang menyebut jika mulanya jenglot adalah seorang petapa yang berusia ratusan tahun dan berubah wujud menjadi layaknya boneka kecil menyeramkan karena hasil tirakat yang belum selesai.

“Banyak versi cerita terkait sosok makhluk satu ini (jenglot). Karena,dilihat dari bentuknya saja sudah berbeda-beda, namun semua kembali kepada keyakinan masing-masing manusia itu sendiri,” imbuhnya.

Lalu, apakah sosok jenglot dalam video itu asli?

Kepada Urbanasia, Ki Geni menyampaikan jika kini marak sekali boneka jenglot jadi-jadian atau palsu yang diperjual belikan untuk kepentingan pribadi. Sekilas, bentuknya memang sama-sama menyeramkan dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan tadi.

“Namun, jika dilihat lebih detail lagi, struktur anggota tubuh buatan manusia dan yang alami tentunya berbeda. Kalau yang asli, jenglot dengan mata yang terbuka bahkan bisa membuat buta orang yang melihatnya,” tutur pemilik padepokan Tapa Pendam tersebut.

Terkait video yang viral, Ki Geni mengajak masyarakat untuk jangan mudah langsung percaya dengan konten-konten yang beredar.

“Hal-hal yang berbau gaib itu sebenarnya kan nggak segampang itu dilihat dengan kasat mata, apalagi zaman sekarang mudah bagi seseorang untuk membuat konten-konten yang cepat membuat heboh media sosial, lebih baik dipastikan dulu kebenarannya,” pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait