Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Menjelajahi Pulau Pasumpahan, Maldives-nya Sumbar yang Wajib Dikunjungi

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menjelajahi Pulau Pasumpahan, Maldives-nya Sumbar yang Wajib Dikunjungi
Image: Suasana di Pulau Pasumpahan, Bungus Teluk Kabung, Sumatera Barat.(Foto: dok Dinas Pariwisata Kota Padang)

Jakarta - Ketika kamu berkunjung ke Sumatera Barat, kota mana yang bakal kalian tuju terlebih dahulu nih Urbanreaders?

Jika bingung, kamu bisa ke surga tersembunyi yang terletak di Kota Padang loh. Ya, kamu bisa menghabiskan waktu dengan orang terkasih ke Pulau Pasumpahan.

Terletak di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Pulau Pasumpahan memiliki keindahan laut yang sudah dikenal hingga wisatawan mancanegara.

Hamparan pasir putih yang bersih, terumbu karang cantik yang masih terjaga, hingga arus air yang tenang menjadi alasan Pulau Pasumpahan dijuluki Maldives-nya Sumatera Barat yang wajib dikunjungi pada akhir pekan.

1635247944-Suasana-di-Pulau-Pasumpahan,-Bungus-Teluk-Kabung,-Sumatera-Barat.jpgSumber: Suasana di Pulau Pasumpahan, Bungus Teluk Kabung, Sumatera Barat.(Foto: dok Dinas Pariwisata Kota Padang)

Jika kamu tertarik berkunjung, untuk menyebrang menuju Pulau Pasumpahan, kamu bisa melalui dua titik, yakni melalui Sungai Pisang atau Pelabuhan Teluk Bungus.

Dari pusat Kota Padang ke Pelabuhan Teluk Bungus jaraknya. Sementara ke Sungai Pisang lumayan jauh 32,9 km.

Namun jika bertolak dari Sungai Pisang penyeberangan lebih cepat dari Pelabuhan Teluk Bungus. Karena jarak dermaga di Sungai Pisang Pulau Pasumpahan lebih dekat dibanding dari Pelabuhan Teluk Bungus.

Setelah menginjakkan kaki di Pulau Pasumpahan, fasilitas yang ada di tempat tersebut terbilang lengkap.

Kamu bisa menemukan berbagai warung milik warga setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga cukup terjangkau.

Selain itu, di Pulau Pasumpahan juga tersedia penginapan bagi kamu yang hendak bermalam atau mendirikan tenda di tepi pantai.

Mengutip dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ada legenda di pulau ini.

Ya, cerita Malin Kundang tidak hanya ditemukan di Pantai Air Manis, namun juga di Pulau Pasumpahan.

Konon, Pulau Pasumpahan adalah tempat di mana ibu Malin Kundang mengutuk dan menyumpah anaknya.

Setelah dikutuk, tubuhnya berubah menjadi batu di Pulau Pisang, Pantai Air Manis. Sejak saat itu 'pasumpahan' yang berarti disumpah, menjadi nama pulau ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait