Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas, Kemenpora Kena Hujat Netizen

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas, Kemenpora Kena Hujat Netizen
Image: Tim Indonesia raih kemenangan Thomas Cup/Instagram@badminton.ina

Jakarta - Indonesia meraih juara Piala Thomas 2020 setelah di partai puncak dengan unggul 3-0 kontra Cina. 

Jonatan Christie menjadi penentu kesuksesan Indonesia dengan menang lewat rubber game 21-14, 18-21, 21-14 atas Li Shi Feng. 

Namun, di balik kejayaan Indonesia merebut kemenangan itu, Bendera Merah Putih tak dapat berkibar berbarengan dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

Hal itu karena Indonesia, Korea Utara dan Thailand dijatuhi sanksi setelah dinyatakan tidak patuh oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Salah satu sanksinya, yakni atlet dari tiga negara tersebut masih diizinkan turun di kejuaraan regional, kontinental, dan dunia, namun tidak dapat mengibarkan bendera nasional mereka selain di olimpiade.

Atas kejadian itu, Kemenpora menjadi bulan-bulanan warganet di cuitan Twitter resminya hingga menjadi ternding topik Twitter. Hingga Senin (18/10/2021) pagi, setidaknya sudah ada delapan ribu cuitan yang menyatakan kekecewaannya kepada Kemenpora.

1634521682--Caption--Tim-Merah-Putih-raih-kemenangan-di-Thomas-Cup-2020.jpegSumber: Tim Merah Putih raih kemenangan di Thomas Cup 2020. (Antara)

"Tim Bulutangkis Indonesia berhasil membawa pulang Piala Thomas 2020 Tahun 2021! Tim Indonesia berhasil mengungguli Tim Cina dengan 3 poin kemenangan sekaligus. Selamat! Indonesia bangga, Indonesia Juara!" tulis Kemenpora melalui akun Twitter resminya, @KEMENPORA_RI.

Berikut hujatan atas kekecewaan netizen kepada Kemenpora:

"Akibat sikap menggampangkan masalah, administrasi yang buruk, dan komunikasi yang rombeng.... untuk kali pertama dalam sejarah #ThomasCup, bendera tim juara tidak berkibar di podium tertinggi," tulis warganet.

"Kalau saya presiden pasti saya copot Menpora. apa jokowi gak malu lihat bendera PBSI yg dijadikan bendera saat Indonesia raya dikumandangkan di perayaan juara piala thomas?" tambah warganet.

"Ku sumpahin biar bendera PBSI berkibar paling tinggi di Aarhus, biar Menpora dikeramasin sm pak Jokowi, Aamiin," lanjut netizen.

"Bendera merah putih tidak bisa berkibar disemua ajang olahraga internasional. Pandemi hanya dijadikan alasan supaya dia menpora tidak disalahkan oleh masyarakat
 Indonesia, padahal dengan alasan seperti itu malah menggambarkan ketidak mampuan menpora sendiri. #GantiMenpora," sahut netizen lainnya.

"MEMALUKAN... Indonesia Juara Thomas Cup 2021. Namun Merah Putih tidak jadi berkibar krn Indonesia kena Sanksi (hal yg di anggap sepele oleh Pemerintah Indonesia). Shame on you Menpora," tambah lainnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait