beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Minuman Berkolagen Ampuh Bikin Awet Muda? Ini Kata Dokter

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Minuman Berkolagen Ampuh Bikin Awet Muda? Ini Kata Dokter
Image: Ilustrasi kulit putih. (Freepik/diana-grytsku)

Jakarta – Memiliki kulit yang sehat dan bebas keriput menjadi impian hampir setiap perempuan. Berbagai cara dilakukan untuk membuat tampilan lebih awet muda, salah satunya mengonsumsi minuman berkolagen (collagen drink).

Minuman berkolagen sendiri sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai bentuk dan harga. Tapi, apakah minuman kolagen terbukti ampuh membuat kulit awet muda? 

Dokter Spesialis Gizi Yohan Samudra mengatakan sudah banyak penelitian soal minuman berkolagen. Penelitian tersebut masuk dalam kategori yang sangat bisa dipercaya.

“Menurut salah satu jurnal, mengonsumsi 2.5 gram collagen peptide setiap hari selama 90 hari dapat membantu memperbaiki hidrasi dan elastisitas kulit serta mengurangi kerutan,” kata dr Yohan Samudra.

Namun, Yohan menegaskan bahwa hasil konsumsi minuman kolagen berbeda tiap orang, tergantung kondisi kulit masing – masing. Maka dari itu, perlu dikombinasikan dengan diet protein dan perawatan kulit. 

“Bisa dikombinasikan dengan perawatan tambahan misalnya laser atau cream collagen. Asupan dari dalam juga perlu diperhatikan. Misalnya banyak makan protein, seperti ikan salmon, ayam, daging, edamame, dan kedelai,” jelas dr Yohan. 

“Jadi bisa dikombinasikan agar maksimal. Kalau dosisnya tinggi, pembentukannya (kolagen) bisa lebih cepat,” lanjut Yosua. 

Supaya penyerapan minuman kolagen lebih cepat, Yosua menyarankan agar seseorang mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. 

“Agar penyerapan kolagen lebih tinggi, bisa dikombinasikan dengan makan buah atau sayur yang banyak mengandung vitamin C. Misalnya kiwi, pepaya, tomat atau buah - buahan citrus”. 

Kolagen sendiri merupakan bagian protein yang menyusun jaringan kulit yang membuat kulit tampak kenyal dan bebas kerutan. Kolagen diproduksi secara alami dalam tubuh dan diperoleh dari makanan tinggi protein. 

Meski demikian produksi kolagen dalam tubuh menurun drastis seiring bertambahnya usia. Gaya hidup dan radikal bebas juga membuat kolagen cepat rusak dan membuat kekenyalan kulit berkurang sehingga tampak kendur. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait