beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Moms, Simak 3 Cara Hadapi Ancaman Gangguan Ginjal

Griska Laras,
16 November 2022 11.41.36 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Moms, Simak 3 Cara Hadapi Ancaman Gangguan Ginjal
Image: Ilustrasi pasien RSV. (Freepik/lifeforstock)

JakartaGangguan ginjal akut pada anak terus menurun sejak beberapa minggu terakhir. Penurunan kasus juga diikuti dengan banyaknya pasien yang sembuh. 

Walaupun kasus sudah menurun, para orang tua diimbau tetap waspada dengan melakukan sejumlah pencegahan. 

Medical Content Marketing Senior Manager Alodokter, dr Abi Noya memberikan tips untuk orang tua agar tetap tenang dalam menghadapi isu gagal ginjal akut. 

1. Gaya Hidup Sehat 
 
Pencegahan gagal ginjal akut dilakukan dengan mengajarkan anak pentingnya menjalani gaya hidup bersih dan sehat, seperti pola makan seimbang, rutin aktivitas fisik, serta cukup istirahat.
 
2. Tidak Sembarangan Memberi Obat 

Sejauh ini Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menelusuri penyebab gagal ginjal akut pada anak. Penggunaan obat sirup yang mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) diketahui menjadi pemicunya. 
 
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) obat-obatan dengan kadar EG dan DEG di atas ambang normal. Maka dari itu, sebaiknya para orang tua menghindari pemberian obat secara mandiri di luar dari anjuran dan pengawasan dokter.
 
3. Perbanyak Informasi yang Valid

Selain itu, orang tua juga perlu meningkatkan wawasan mengenai isu gagal ginjal akut pada anak melalui sumber informasi yang dapat dipercaya, misalnya artikel medis yang telah ditinjau oleh dokter, seperti yang dimiliki Alodokter.

“Guna menghindari kepanikan, ada baiknya orang tua mencari informasi yang valid dan dapat dipercaya, misalnya konten kesehatan yang telah ditinjau dan diverifikasi kebenarannya oleh dokter,” kata dr Abi Noya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait