Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

MotoGP 2021: Morbidelli Resmi Gabung Yamaha, Dovizioso Comeback

Rezki Maulana,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
MotoGP 2021: Morbidelli Resmi Gabung Yamaha, Dovizioso Comeback
Image: Franco Morbidelli gantikan Maverick Vinales di Yamaha (Twitter @YamahaMotoGP)

Misano - Franco Morbidelli akhirnya resmi bergabung dengan tim pabrikan Yamaha lebih cepat musim ini. Sebagai penggantinya di Petronas Yamaha, Andrea Dovizioso yang ditunjuk.

Morbidelli sejatinya baru akan diangkat sebagai pebalap Yamaha musim 2022. Tapi, kepergian Maverick Vinales yang lebih cepat musim ini membuat Morbidelli harus berganti jubah dari tim satelit ke pabrikan.

Kepastian Morbidelli akan membalap di Monster Energy Yamaha MotoGP diumumkan secara resmi, Kamis (16/9/2021) atau beberapa hari jelang MotoGP San Marino.

Morbidelli akan memulai debutnya di seri San Marino dan bertahan di Yamaha untuk musim 2022 serta 2023. Ini jadi comeback Morbidelli setelah absen lama karena operasi lutut di awal musim.

"Pada awalnya kami berencana agar Franky gabung mulai dari 2022, tapi dengan perubahan line-up mendadak di pertengahan musim kami jadi punya kesempatan untuk melakukannya lebih cepat," kata Lin Jarvis Yamaha Racing managing director Lin Jarvis.

Dengan kedatangan Morbidelli maka Cal Crutchlow akan turun dari posisinya saat ini sebagai pebalap pendamping Fabio Quartararo. Quartararo dan Morbidelli akan setim lagi setelah bareng di Petronas Yamaha pada 2019 hingga 2020.

Untuk menggantikan posisi Morbidelli sebagai rekan setim Valentino Rossi, Petronas Yamaha memilih Andrea Dovizioso yang comeback ke MotoGP lebih cepat.

Dovizioso memutuskan cuti sementara usai MotoGP 2020 karena kontraknya tak diperpanjang Ducati. Dovizioso membalap untuk Petronas SRT hingga musim ini selesai dan akan naik ke tim independen Yamaha musim 2022.

Balapan San Marino akan jadi debut Dovizioso bersama Yamaha. Kita tunggu saja seperti apa hasilnya.

Meskipun saya tidak berharap untuk kembali ke MotoGP seperti ini, tapi saya tidak pernah menutup pintu dan bahagia berada di sini bersama Yamaha dan Petronas Yamaha SRT. Saya ingin mencoba menikmati situasi baru dan saya sangat senang bisa kembali," kata Dovizioso.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait