menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

MotoGP Thailand Batal, Bisakah Indonesia Masuk?

Rezki Maulana,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
MotoGP Thailand Batal, Bisakah Indonesia Masuk?
Image: MotoGP Mandalika bisakah gantikan Thailand? (@motogpmandalika/Instagram)

Jakarta - Ada kabar baik untuk fans MotoGP di Indonesia. Ada peluang sirkuit Mandalika untuk menggantikan balapan di Thailand yang dibatalkan musim ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Thailand sebenarnya masuk dalam kalender balap MotoGP 2021 yang berjumlah 19 seri. Sementara itu ada tiga seri yang masih belum masuk seperti Portugal, Rusia, dan Indonesia.

Khusus untuk Indonesia, statusnya masih menunggu homologasi sirkuit mengingat pembangunannya belum selesai. Namun, karena pandemi COVID-19 masih merajalela di dunia, terutama di kawasan Asia Tenggara, maka Thailand mengambil keputusan penting.

Pengelola sirkuit Buriram memutuskan untuk menunda balapan di 2021 karena fokus pada penanganan COVID-19 dan akan kembali ke MotoGP 2022, jika memang kondisinya sudah memungkinkan.

Untuk itu, Thailand menegaskan komitmennya jadi tuan rumah MotoGP mulai 2022 hingga 2026. Kalau sudah begini, Dorna Sports harus mencari calon penggantinya karena kabarnya Amerika Serikat dan Argentina juga mundur karena persoalan serupa.

Dikutip Sky Sports, ada kemungkinan Indonesia bakal jadi penggantinya karena memang jadwal MotoGP Thailand berdekatan dengan seri di kawasan Asia Pasifik seperti Jepang, Malaysia, dan Australia.

Meski begitu, ada dua syarat yang harus dipenuhi lebih dulu oleh operator balapan Tanah Air. Pertama ada balapan lain yang dibatalkan dan kedua adalah sirkuit selesai dibangun dan lolos homologasi.

Kini soal syarat pertama tinggal menunggu Dorna apakah meluluskan permintaan Thailand untuk mundur atau tidak.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait