Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Muhammadiyah Luncurkan Universitas Siber, Apa Itu?

Shelly Lisdya,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Muhammadiyah Luncurkan Universitas Siber, Apa Itu?
Image: Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir saat melaunching Universitas SiberMu. (Ist)

Yogyakarta - PP Muhammadiyah kembali meluncurkan satu perguruan tinggi di masa pandemi COVID-19. Kampus tersebut adalah Universitas Siber Muhammadiyah atau Universitas SiberMu.

Launching Universitas Sibermu ini dilakukan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir di Gedung PP Muhammadiyah Jalan Cik Di Tiro, Yogyakarta, Rabu (6/10/2021).

Haedar menjelaskan, hadirnya Universitas Sibermu ini didirikan untuk memperluas akses perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri dengan biaya yang lebih terjangkau.

SiberMu sendiri sudah mendapatkan izin prinsip dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan Nomor 026/E.EI/KB.01.00/2021. Setelah mendapatkan izin operasional Universitas SiberMu siap untuk menerima mahasiswa baru.

“Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Mendikbudristek dan Plt Kepala L2DIKTI wilayah V DIY yang telah mengeluarkan SK dan mendukung proses pengajuan SiberMu yang sudah berjalan sekitar dua tahun ini,” kata Haedar.

Mengutip laman resminya, Universitas SiberMu merupakan perguruan tinggi yang berbasis Teknologi Informasi dengan menggunakan modus tunggal Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Tujuan terbentuknya SiberMu yakni memperluas akses ke perguruan tinggi yang lebih murah, lebih terjangkau serta lebih luas dalam mengakses perguruan tinggi di seluruh dunia.

Dijelaskan Haedar, Universitas SiberMu akan segera beroperasi dengan enam program studi yang menjadi keunggulannya, yakni program studi informatika, administrasi kesehatan, sistem informasi, akuntansi, manajemen dan hukum. Untuk jalur penerimaan mahasiswa baru SiberMu akan menggunakan jalur reguler, jalur karyawan, persyarikatan dan prestasi.

"Universitas SiberMu juga akan berperan sebagai penyedia mata kuliah bagi perguruan tinggi Muhammadiyah atau aggregator yang bekerja sama dengan 5 PTMA telah memfasilitasi pertukaran 36 mata kuliah untuk lebih dari 800 mahasiswa. Sebelum menjadi Universitas Siber Muhammadiyah nama sebelumnya ialah Muhammadiyah Online University," tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait