URnews

6 ‘Gimmick’ Kreatif yang Bisa Pikat Pelanggan, Penjual Online Merapat! 

Putri Rahma, Rabu, 10 Mei 2023 08.05 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 ‘Gimmick’ Kreatif yang Bisa Pikat Pelanggan, Penjual Online Merapat! 
Image: Ilustrasi belanja online. (Freepik/Snowing)

Jakarta – Meningkatkan penjualan merupakan suatu tugas dan tanggung jawab sulit bagi para pelaku bisnis. Salah satu strategi dalam menjalankan bisnis adalah meningkatkan orderan yang dapat dilakukan dengan cara membangun awareness. 

Strategi tersebut dibangun untuk membuat suatu gimmick kreatif agar pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Shipper dapat memahami karakteristik dari sebuah gimmik yang kreatif dan efektif.

Pendiri Sekolah Pebisnis bersama dengan Ninja Xpress, Yosef Adji BAskoro mengatakan, ada beberapa cara untuk menciptakan gimmik kreatif yang mampu menarik perhatian pelanggan dan membantu untuk meningkatkan bisnis.

“Sebagai teknik pemasaran produk, gimmik tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika dilakukan secara asal-asalan dan berlebihan, maka akan menjadi bumerang dan bisa merusak bisnis. Untuk itu, gimmik harus dipikirkan dan disiapkan secara matang,” kata Yosef dalam siaran pers yang diterima, Selasa (9/5/2023).

Di sisi lain, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress, Andi Djoewarsa mengatakan bahwa untuk membangun sebuah gimmik kreatif, shipper harus dapat melakukan banyak riset. 

Ia juga mengatakan pembuatan konten seperti foto atau video perlu dilakukan dimana jika kesulitan dalam proses tersebut pihaknya telah menyediakan solusi melalui Creative Hub layanan dari Ninja Xpress.

“Supaya bisa terus memiliki ide membuat gimmik kreatif yang out of the box dan sesuai dengan audiens, shipper perlu melakukan banyak riset. Selain itu, penting juga untuk fokus dengan konten video dan foto supaya gimmik semakin banyak dilirik,” ucapnya.

Demi membantu para shipper, Yosef turut membagikan 6 cara membuat gimmick kreatif dalam bisnis yang disebut mampu memikat pelanggan. Berikut detailnya!

1. Orisinil dan Menarik

Agar dapat menarik perhatian, gimmick kreatif perlu dilakukan namun harus tetap orisinil. Cara tersebut dapat dimulai dari menciptakan nama produk yang mudah diingat dan diucapkan agar audiens mengingat produk tersebut. 

Selain itu, pelaku usaha juga dapat membuat media promosi yang menunjukkan uji ketahanan produk, cara penggunaan, dan lain sebagainya.

2. Memanfaatkan Emosi Audiens

Menurut riset yang dilakukan Jonah Berger dalam buku Contagious yang mengatakan terdapat sebuah teori yang dapat membuat sukses gimik kreatif di kreatif berhasil. 

Gimmick kreatif ini dijalankan dimana banyak orang yang akan membagikan foto atau video produk tersebut. Maka dari itu, gimmick kreatif memiliki berbagai banyak jenis.

3. Manfaat Gimmick vs Teknik Marketing Biasa

Dengan memanfaatkan gimmik kreatif, tentu akan dapat membuat peningkatan dalam penjualan. Selain itu, bisnis yang berjalan juga akan berpeluang untuk mendapatkan perhatian yang lebih luas bahkan dari pelanggan yang mungkin sempat lupa dengan produk tersebut. 

Waktu terbaik untuk membuat gimmick adalah saat produk serupa dengan produk yang dimiliki muncul di pasaran, dalam waktu tersebut shipper dapat menunjukkan tentang keunggulan produk yang dijualnya.

4. Perhatikan Aktivitas Gimmick

Meski gimmick kreatif mampu membangun brand awareness, tapi tetap saja yang membuat konsumen loyal adalah kualitas produk dan layanan yang tidak mengecewakan. 

Oleh karenanya, penting sekali untuk penyampaian gimmick yang sederhana, tapi tetap berkesan. Terkadang gimmik dilakukan dengan cara menolak arus tren yang ada untuk menimbulkan kesan unik di mata audiens. 

Selain itu, aktivitas gimmick lainnya adalah membuat kuis, giveaway, dan hal lainnya yang melibatkan interaksi audiens terhadap produk maupun brand. Aktivitas ini dapat dilakukan secara langsung maupun secara digital.

5. Budget dan Kriteria Gimmick yang Sukses atau Gagal

Budget merupakan sebuah hal penting dalam membuat gimmick kreatif di marketing. Apabila memiliki budget yang besar maka akan bisa membeli perhatian dan membuat gimmick lebih memiliki target dan optimal. 

Apabila tujuan gimmick adalah perhatian dan penjualan, maka kamu bisa berusaha untuk mendapatkan perhatian dengan membuat konten yang ramah algoritma, sehingga lebih mungkin viral di Instagram atau FYP di TikTok.

Penentu hasil akhir gimmick bukan besaran budget, tapi ajakan dan penawaran di dalam gimmik marketing. Banyak pebisnis yang gagal dalam membuat gimmick kreatif karena terlalu terburu-buru memperkenalkan produknya, tidak sabar memperlihatkan fitur spesial produknya, dll. 

6. Libatkan Tokoh Terkenal

Untuk semakin menarik perhatian, gimmick bisa melibatkan tokoh terkenal. Tujuannya supaya gimmick yang dimainkan tepat sasaran. 

Selain itu, gimick juga harus memperhatikan batasan norma kesusilaan, hukum, dan tidak boleh sekadar menjual kehebohan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait