URnews

Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres Hari Ini

William Ciputra, Kamis, 19 Oktober 2023 10.27 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres Hari Ini
Image: Bacapres Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD akan mendaftar ke KPU pada hari pertama pendaftaran. (Antara)

Jakarta - Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024 mendatang. 

Pendaftaran pasangan yang diusung oleh tiga partai, Nasdem, PKB, dan PKS yang tergabung dalam Koalisi Perubahan itu dilakukan di Kantor KPU RI pada Kamis (19/10/2023). 

Pasangan Anies-Muhaimin atau disingkat dengan AMIN menjadi yang pertama mendaftarkan diri sebagai Capres-Cawapres dalam Pilpres 2024 ini. Rencananya, pendaftaran juga akan dilakukan pasangan lain yaitu Ganjar Pranowo - Mahfud MD. 

Diketahui, Ganjar Pranowo resmi berpasangan dengan Mahfud MD dalam gelaran Pilpres 2024 nanti. Pengumuman Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar dilakukan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. 

Ganjar dan Mahfud menjadi pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, dan beberapa partai non parlemen seperti Hanura dan Perindo.

Anies-Muhaimin Diarak Relawan

1697685921-Anies-Muhaimin.jpeg Pasangan Anies-Muhaimin Iskandar. (Instagram)

Pasangan Anies-Muhaimin bergerak dari kediaman Anies di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Keduanya terlebih dulu mampir di Kantor DPP PKS di TB Simatupang. 

Dari PKS, rombongan yang dikawal relawan ini kemudian bergerak menuju Kantor DPP PKB di Kawasan Senen, Jakarta Pusat. Titik henti terakhir ada di Nasdem Tower di Gondangdia. 

Iring-iringan pasangan AMIN ini bergerak dari Nasdem Tower menuju Kantor KPU RI. Keduanya menaiki mobil jeep terbuka dengan Ahmad Sahroni bertindak sebagai pengemudi. 

Mobil kedua ditumpangi oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Waketum PKB Jazilul Fawaid, dan beberapa orang lain. 

Istri Anies, Fery Farhati dan istri Muhaimin Iskandar, Rustini Murtadho turut mengiringi rombongan dengan menumpangi mobil barisan ketiga. Sementara mobil barisan keempat ditumpangi oleh para Sekjen partai pengusung. 

Ganjar-Mahfud MD Juga Daftar

1697685953-Ganjar-Mahfud.jpeg Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD. (Antara)

Pasangan Ganjar dan Mahfud MD juga dijadwalkan mendaftarkan diri sebagai pasangan Capres dan Cawapres untuk Pilpres 2024 pada hari ini, Kamis. 

Menurut keterangan Komisioner KPU, Idham Kholik, pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan itu akan mendaftar pukul 11.00 WIB. 

“PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo di jam 11.00 WIB,” kata Idham kepada wartawan, Rabu (18/10/2023) kemarin. 

Dengan demikian, 2 dari 3 bakal Capres pada Pilpres 2024 mendatang akan mendaftarkan diri di hari yang sama, yaitu hari pertama pendaftaran Capres-Cawapres. 

Sementara Bacapres lain yang diusung Koalisi Indonesia Maju yaitu Prabowo Subianto hingga saat ini belum mengumumkan Cawapresnya. 

Pendaftaran Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024 sendiri akan berlangsung selama 7 hari, yaitu 19-25 Oktober 2023. Kemudian, KPU akan melakukan verifikasi berkas pendaftaran hingga tanggal 28 Oktober 2023.

Penetapan dan pengumuman pasangan calon peserta pemilu presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada 13 November 2023. Penetapan nomor urut pasangan calon digelar pada 14 November 2023.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait