beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Indonesia Segera Punya 3 Provinsi Baru, Ini Daftarnya

William Ciputra, 1 Juli 2022 04.11.36
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Indonesia Segera Punya 3 Provinsi Baru, Ini Daftarnya
Image: Pimpinan DPR RI dalam Rapat Paripurna, Kamis, 30 Juni 2022. (Istagram/DPRRI)

Jakarta - Indonesia akan segera memiliki tiga provinsi baru. Hal ini menyusul disahkannya rancangan undang-undang (RUU) terkait pembentukan provinsi baru oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 

Pengesahan RUU pembentukan provinsi ini disetujui oleh semua fraksi yang ada di Senayan pada Rapat Paripurna, Kamis (30/6/2022). Sebelumnya, RUU ini juga sudah disepakati di Komisi II.

Adapun tiga provinsi baru yang akan segera dibentuk itu yaitu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan. 

“Apakah RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan RUU RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan dapat disetujui untuk disahkan menjadi UU?” tanya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang bertindak sebagai pimpinan Rapat Paripurna DPR, Kamis.

“Setuju,” jawab anggota dewan yang hadir. 

Rapat Paripurna DPR tersebut dihadiri oleh 37 anggota dewan secara fisik dan 167 anggota dewan hadir secara virtual. 

Terpisah, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, disahkannya RUU terkait provinsi baru atau Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua ini merupakan jaminan terhadap hak-hak rakyat Papua dalam pemerataan pembangunan. 

“UU ini menjamin hak sosial dan ekonomi masyarakat Papua terkait pemekaran wilayah yang bertujuan untuk pemerataan dan keadilan pembangunan di Indonesia,” kata Puan mengutip laman DPR, Kamis. 

Puan memastikan, tiga RUU itu sudah dibahas sesuai dengan aturan yang berlaku. DPR, kata dia, akan terus melakukan pengawasan terkait pelaksanaan UU tersebut. 

Selain menetapkan tiga provinsi baru, RUU itu juga mengatur ibu kota masing-masing provinsi. Provinsi Papua Selatan ibu kota di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Tengah di Kabupaten Nabire, dan Provinsi Papua Pegunungan di Kabupaten Jayawijaya. 

Provinsi Papua Selatan akan meliputi 4 kabupaten yaitu Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat. Sementara itu Provinsi Papua Tengah meliputi 8 kabupaten yakni Nabire, Paniai, Mimika, Puncak Jaya, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya dan Deiyai. 

Kemudian Provinsi Papua Pegunungan akan memiliki 9 kabupaten. Sembilan kabupaten tersebut adalah Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lani Jaya, dan Nduga.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait