URnews

Jembatan Kerch yang Jadi Penghubung Crimea-Rusia Terbakar

Nivita Saldyni, Minggu, 9 Oktober 2022 17.59 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jembatan Kerch yang Jadi Penghubung Crimea-Rusia Terbakar
Image: Jembatan Kerch yang menghubungkan Crimea dan Rusia terbakar pada Sabtu (8/10/2022) pagi waktu setempat. (Reuters via Antara)

Jakarta - Jembatan Kerch yang menghubungkan Crimea dan Rusia terbakar pada Sabtu (8/10/2022) pagi waktu setempat. Kejadian ini membuat arus lalu lintas setempat terhenti. 

Berdasarkan foto dan video yang beredar di media sosial, sebuah ledakan besar terdengar sebelum kebakaran terjadi. Netizen pun membagikan kondisi jalan yang runtuh dan beberapa tangki bahan bakar terbakar dalam rangkaian kereta di atas jembatan.

Dilansir dari Antara, Rusia melaporkan api berhasil dipadamkan pada hari yang sama. Sejauh ini tidak ada laporan soal korban dalam insiden tersebut.

Namun akibat kejadian ini, Russian Railways terpaksa harus menghentikan sementara layanan kereta api ke Crimea. Penjualan tiket kereta api pun ikut dihentikan. Perjalanan bus dari Crimea yang ikut terdampak juga dihentikan. 

Kantor berita Rusia, TASS melaporkan, Presiden Rusia Vladimir Putin langsung memberi instruksi untuk menyelidiki insiden tersebut. Namun sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti ledakan dan kebakaran hebat itu.

Sementara penasihat kepemimpinan Crimea, Oleg Kryuchkov mengatakan lewat Telegram, laporan awal di lapangan menyebut kebakaran terjadi pada tangki penyimpanan bahan bakar. Namun ia belum memberikan detail informasinya. 

"Terlalu dini untuk berbicara tentang penyebab dan konsekuensinya. Pemadaman api sedang berlangsung," tegasnya. 

Respons Sejumlah Pejabat Ukraina di Twitter

Merespons kejadian tersebut, beberapa pejabat Ukraina buka suara. Meski tak mengklaim ada keterlibatan Ukraina dalam insiden ini, namun respons mereka membuat spekulasi itu bermunculan. 

"Crimea, jembatan, permulaan. Segala sesuatu yang ilegal harus dihancurkan, semua yang dicuri harus dikembalikan ke Ukraina, semua yang diduduki Rusia harus diusir," cuit Mykhailo Podolyak, penasihat senior Presiden Ukraina di Twitter. 

"Selamat pagi, Ukraina," tulis Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov di Twitter.

Dalam cuitannya itu Danilov tak banyak berkomentar. Ia hanya membagikan editan video dan foto kondisi jembatan Kerch yang terbakar di samping potongan video Marilyn Monroe yang bernyanyi dengan lirik 'Happy Birthday Mr. President'. 

Diduga video itu ditujukan untuk Putin. Pasalnya, Putin baru saja berulang tahun yang ke-70 pada Jumat (7/10/2022). 

Komentar-komentar pejabat Ukriana itu membuat Rusia geram. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pun mengutuk respons para pejabat terkait kebakaran jembatan Kerch. 

"Reaksi rezim Kiev terhadap penghancuran infrastruktur sipil membuktikan sifat terorisnya," kata Zakharova lewat Telegram.

Sebagai informasi, jembatan Kerch merupakan sepasang jembatan paralel yang dibangun untuk jalan dan jalur kereta api. Jembatan ini dibangun pada 2014, setelah pencaplokan Crimea. 

Jembatan Kerch merupakan jembatan terpanjang di Eropa. Jembatan ini adalah rute pasokan utama bagi Rusia, Urbanreaders. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait