beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Kisah Kamaruddin, Anak Istri Pernah Dibakar hingga Kini Lantang Bela Brigadir J

William Ciputra, 26 Agustus 2022 23.51.40
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kisah Kamaruddin, Anak Istri Pernah Dibakar hingga Kini Lantang Bela Brigadir J
Image: PMJ News

Jakarta - Nama Kamaruddin Simanjuntak belakangan menjadi perbincangan publik. Sosok pengacara ini lantang memberikan pembelaan terhadap mendiang Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J dan keluarganya. 

Sejak awal kasus pembunuhan Brigadir J, Kamaruddin menjadi sosok sentral. Ia juga yang pertama kali melaporkan dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J ke kepolisian. 

Laporan Kamaruddin tersebut dilayangkan pada Senin, 18 Juli 2022, dan teregister dengan nomor LP/B/0386/VII/2022/SPKT/BARESKRIM POLRI.

Laporan Kamaruddin ini menjadi pintu masuk fakta baru kasus ini. Pasalnya, sebelum Kamaruddin bersuara, Brigadir J disebut-sebut tewas dalam insiden tembak-menembak saat mau ‘melecehkan’ istri Kadiv Propam Polri saat itu, Irjen Ferdy Sambo. 

Belakangan, laporan dari Kamaruddin ini yang menunjukkan ke arah fakta. Pasalnya, narasi Brigadir J terlibat insiden tembak-menembak tidak terbukti. Bahkan Ferdy Sambo dan 4 orang lain kini sudah ditetapkan tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. 

Lantangnya pembelaan Kamaruddin Simanjuntak terhadap Brigadir J dan keluarganya membuat publik bertanya-tanya, siapa sebenarnya Kamaruddin ini? 

Berikut profil singkat Kamaruddin Simanjuntak sebagaimana dihimpun Urbanasia dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022). 

Profil Kamaruddin Simanjuntak

Nama lengkapnya adalah Kamaruddin Hendra Simanjuntak. Pria bergelar Sarjana Hukum ini lahir di Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada 21 Mei 1974. 

Selepas lulus dari SMA Negeri 1 Siborongborong pada tahun 1992, Kamaruddin memilih mengadu nasib ke Jakarta. 

Namun, ia tidak langsung melanjutkan studi saat di Jakarta. Ia bekerja serabutan bahkan pernah tinggal di kolong jembatan di daerah Klender, Jakarta Timur. 

Memasuki tahun 1993, Kamaruddin bekerja sebagai customer service. Ia kemudian membuka usaha kecil-kecilan, namun tak bertahan lama. Berikutnya ia bekerja sebagai sales, dan mulai tertarik untuk menjadi pengacara. 

Impian menjadi pengacara mulai terealisasi saat ia memutuskan untuk melanjutkan studi di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia. Kamaruddin lulus pada tahun 2004 dengan predikat cumlaude. 

Kamaruddin bergabung pada Perhimpunan Advokat Indonesia pada 2007. Kini, Kamaruddin memiliki firma hukum sendiri bernama ‘Victoria Law Firm’ yang didirikannya sejak 2019. 

Kasus yang Ditangani Kamaruddin

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait