URnews

Presiden JCI Batavia Dorong Semangat Kolaboratif di ALC 2023

William Ciputra, Senin, 22 Mei 2023 17.21 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Presiden JCI Batavia Dorong Semangat Kolaboratif di ALC 2023
Image: Andi Sparringa menjadi salah satu pembicara dalam Asian Leadership Forum 2023. (Istimewa)

Jakarta - Asian Leadership Conference 2023 (ALC 2023) kembali diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan dengan tema ‘The Era of Upheaval: Road to Collaboration and Innovation’. 

Perwakilan Indonesia dalam forum tersebut diwakili oleh Presiden JCI Batavia 2023 yang juga Indonesia Country Representative Center for Asia Leadership, Andi Sparringa. 

Dalam forum tersebut Andi turut menjadi pembicara panel dengan mengangkat topik ‘Global Cooperation: Top Global Issues to Address’.

Andi secara khusus menyoroti pentingnya kolaborasi inklusif dengan mengedepankan dialog dan kerja sama terkait permasalahan di Indo-Pasifik. 

“Realitas baru menuntut pendekatan kolaboratif yang akan membangun rasa solidaritas global yang lebih kuat, termasuk keyakian dan rasa saling percaya,” kata Andi dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (22/5/2023). 

Andi turut berbagi mengenai berbagai lessons learned kepemimpinan Indonesia dalam menggalang kerja sama global di situasi krisis.

Dalam hal ini, Andi mencontohkan kesuksesan Indonesia saat memegang Presidensi G20 tahun 2022 lalu yang dilanjutkan dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini.  

Di sela-sela ALC 2023, Andi juga melalukan diskusi dalam sesi exclusive dialogue with world leaders, antara lain dengan mantan Perdana Menteri Australia, John Howard dan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. 

Dialog dengan PM Howard mengulas mengenai stabilitas regional di kawasan Indo-Pasifik dan mengenai nilai-nilai kepemimpinan global yang dibutuhkan di era krisis. 

Sementara itu, PM Mahathir menggarisbawahi perlunya tata kelola dunia (global governance) yang lebih demokratis dan adil serta terkait ASEAN sebagai model regional architecture yang inklusif.  

Asian Leadership Conference (ALC) merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Chosun Media Korea Selatan bekerja sama dengan Center for Asia Leadership (CAL). 

Beberapa tokoh dunia yang pernah hadir dalam konferensi internasional ini antara lain Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Joko Widodo, Founder Alibaba Jack Ma, CEO Netflix Reed Hastings, CEO Blackstone Group Steve Schwarzman, dan Chairman of HSBC David Eldon.

Selama dua hari ALC 2023, konferensi internasional tersebut menghadirkan sekitar 258 pembicara dari kalangan pemimpin dunia, akademisi, serta pebisnis dari 117 negara dan diikuti lebih dari 3700 peserta. 

Berbagai tokoh dunia hadir antara lain Perdana Menteri Australia (1996 – 2007) John Howard, Perdana Menteri Inggris (2019 – 2022) Boris Johnson, Perdana Menteri Malaysia (1981 – 2003 dan 2018 – 2020), Mahathir Mohamad. 

Kemudian Perdana Menteri Italia (2021-2022) Mario Draghi, Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska, wakil Presiden Filipina (2016 – 2022) Lena Robredo, hingga sutradara Hollywood tersohor Oliver Stone.   

Acara ini dibuka secara resmi oleh Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-Yeol. Dalam sambutannya, Yoon juga menekankan pentingnya kolaborasi global dalam mengatasi berbagai tantangan dunia saat ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait