beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

PSSI, PT LIB hingga Indosiar Lempar Tanggung Jawab, Mahfud: Bukti Liga Indonesia Kacau

Elya Berliana Prastiti, 13 Oktober 2022 00.14.32
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
PSSI, PT LIB hingga Indosiar Lempar Tanggung Jawab, Mahfud: Bukti Liga Indonesia Kacau
Image: Menko Polhukam Mahfud MD. (Instagram @mohmahfudmd)

Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, menanggapi soal adanya saling lempar tanggung jawab antara Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), PT Liga Indonesia Baru (LIB), Panitia Pelaksana (Panpel), dan Host Broadcaster Indosiar atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan korban.

Mahfud mengatakan, sikap saling menghindar dari sejumlah pihak tersebut membuktikan bahwa penyelenggaraan sepakbola Indonesia kacau.

“Bahwa terjadi saling menghindar dari tanggung jawab operasional lapangan antara pihak federasi, pengelola liga, panitia pelaksana, pihak keamanan, hingga penyelenggara siaran, menjadi bukti penyelenggaraan Liga Sepakbola Nasional agak kacau,” tulis Mahfud MD lewat Instagram @mohmahfudmd, Rabu (12/10/22).

Ia juga menyebut, hal ini dapat membahayakan bagi dunia sepakbola Tanah Air. Bahkan, nyawa manusia dipertaruhkan karena tidak ada jaminan keselamatan yang maksimum.

Selain itu, kekacauan sepakbola Indonesia menjadi salah satu perhatian bagi Tim Gabungan Independen Pencarian Fakta (TGIPF) dalam mencari akar permasalahan untuk menyusun rekomendasi.

“Ini menjadi salah satu perhatian TGIPF untuk mencari akar masalahnya sebagai bahan untuk menyusun rekomendasi. Kita juga sudah mendiskusikan dan melakukan cross check temuan dengan Komnas HAM,” jelas Mahfud.

Kemudian, Mahfud menambahkan adanya kemungkinan Komnas HAM merekomendasi sesuatu yang sesuai dengan kewenangannya. Namun, ia membiarkan Komnas HAM yang mengumumkan maksud rekomendasi tersebut.

“Temuan TGIPF takkan diumumkan sebelum diserahkan kepada Presiden. Sebab, TGIPF dibentuk dengan Keppres untuk keperluan Presiden. TGIPF akan menyerahkan laporan kepada Presiden Jumat atau Senin mendatang,” tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait